Breaking News:

Sikap Dinas Kesehatan, Ada RS Swasta Batam Kutip Biaya Swab Mandiri di Atas Rp 900 Ribu

Kadinkes Batam Didi Kusmarjadi bilang, dalam surat edaran sudah diatur batasan tarif tertinggi untuk pemeriksaan swab test.RS tak boleh lebih dari itu

Editor: Dewi Haryati
TribunBatam.id/Ichwan Nur Fadillah
BIAYA SWAB -Kepala Dinas Kesehatan Kota Batam, Didi Kusmarjadi mengingatkan rumah sakit di Batam agar tak memungut biaya swab di atas Rp 900 ribu. Foto Didi beberapa waktu lalu 

Editor: Dewi Haryati

TRIBUNBATAM.id, BATAM - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Batam memberikan sikapnya terkait masih ada rumah sakit di Batam yang memungut biaya pemeriksaan swab mandiri di atas Rp 900 ribu.

Pasalnya dari Kementerian Kesehatan RI sudah jelas aturannya.

Batasan tarif tertinggi pemeriksaan untuk swab test ditetapkan sebesar Rp 900 ribu.

Itu berdasarkan Surat Edaran Kementerian Kesehatan Republik Indonesia Nomor HK.02.02/I/3713/2020 tentang batasan tarif tertinggi pemeriksaan. 

Faktanya di lapangan, masih ada rumah sakit yang memungut biaya swab mandiri di atas itu.

Baca juga: 186 Employees of PT PCI Elektronik Batam Exposed to Covid-19, Detected during a Bulk of Swab Test

Baca juga: Homecare24 Hadir di Batam, Berikan Swab PCR Termurah, Bahkan Bisa di Rumah

Petugas medis menunjukkan alat swab spesimen saat swab test secara drive thru di halaman Laboratorium Kesehataan Daerah (LABKESDA) Kota Tangerang, Banten, Senin (6/4/2020).
Petugas medis menunjukkan alat swab spesimen saat swab test secara drive thru di halaman Laboratorium Kesehataan Daerah (LABKESDA) Kota Tangerang, Banten, Senin (6/4/2020). (Kompas.com)

Seperti di Rumah Sakit Awal Bros Batam.  Rumah sakit swasta yang terletak di Kecamatan Lubuk Baja itu memungut biaya swab mandiri sebesar Rp 1,6 juta per orang.

Terkait hal ini, Kepala Dinas Kesehatan Batam, Didi Kusmarjadi  mengingatkan seluruh rumah sakit di Batam agar tidak memungut biaya swab mandiri di atas Rp 900 ribu.

"Nanti saya ingatkan lagi di grup seluruh rumah sakit agar tidak mengutip biaya swab mandiri di atas Rp 900 ribu," ujar pria yang juga menjabat sebagai Ketua Bidang Kesehatan Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Batam, Jumat (23/10/2020).

Ia menegaskan dalam surat edaran Kemenkes tersebut diatur batasan tarif tertinggi untuk pemeriksaan RT-PCR termasuk pengambilan swab yakni Rp 900 ribu. Batasan tarif tertinggi sebagaimana dimaksud berlaku untuk masyarakat yang melakukan pemeriksaan RT-PCR atas permintaan sendiri/mandiri.

"Apapun alasan rumah sakit, tidak boleh mengutip di atas harga itu," tegasnya.

Ia menambahkan batasan tertinggi sebagaimana dimaksud tidak berlaku untuk kegiatan penelusuran kontak atau rujukan kasus Covid-19 ke rumah sakit yang penyelenggaraannya mendapatkan bantuan pemeriksaan PCR dari pemerintah atau merupakan bagian dari penjamin pembiayaan positif Covid-19.

Sementara itu, Humas RS Awal Bros Batam, Cyntia saat dikonfirmasi Tribunbatam.id, membenarkan tarif swab test di RS Awal Bros sebesar Rp 1,6 juta.

"Swab test di kami Rp 1,6 juta," ujarnya, Jumat (23/10/2020).

Mengapa lebih mahal?

Cyntia mengatakan, sampel yang diambil pihaknya itu selanjutnya akan dikirim ke Laboratorium RS Awal Bros Pekanbaru.

"Untuk saat ini harga kami Rp 1,6 juta karena untuk sample masih kita kirim ke luar Batam," jelasnya.

Ia melanjutkan, harga PCR di RS Awal Bros Batam akan mengikuti surat edaran pemerintah, jika dalam waktu dekat tempat pengujian sampel di rumah sakit tersebut sudah bisa digunakan.

"Insya Allah dalam waktu dekat ini kami akan launching alat PCR dan harga akan menyesuaikan," ujarnya.

Menurut Cyntia, saat ini jika ada pasien rujukan gugus tugas percepatan penanganan Covid-19 Kota Batam, maka sampelnya akan dikirim ke BTKL-PP Batam. Namun untuk swab test mandiri maka akan diperiksa di Pekanbaru.

"Yang dikirim ke BTKL-PP Batam sampel yang terindikasi Covid rujukan dari Dinkes, sedangkan yang dikirim RSAB ke Pekanbaru yang swab mandiri," jelasnya lagi.

Ia mengatakan kemungkinan pekan mendatang pihaknya sudah memiliki alat PCR sendiri untuk melakukan pengujian swab test. Begitupun untuk harga pengujian akan menyesuaikan dengan edaran Kemenkes.

(tribunbatam.id/Roma Uly Sianturi/Alamudin)

Sumber: Tribun Batam
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved