Breaking News:

PILKADA KEPRI

Catatan Akhir Tahun 2020, Partisipasi Pemilih di Pilkada Kepri Naik, KPU Klaim Capai 68,56 Persen

Komisioner KPU Kepri, Widyono berterima kasih atas kesediaan masyarakat Kepri untuk memberikan hak suaranya di Pilkada Kepri.Tingkat partisipasi naik

Penulis: Ichwan Nur Fadillah | Editor: Dewi Haryati
TRIBUNBATAM.ID/ENDRA KAPUTRA
Komisioner KPU Kepri Widyono Agung. KPU Kepri sebut partisipasi pemilih di Pilkada Kepri tahun ini naik dibanding periode lima tahun lalu 

BATAM, TRIBUNBATAM.id - Catatan akhir tahun 2020, partisipasi pemilih di Pilkada Kepri naik, KPU klaim capai 68,56 persen.

Pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Provinsi Kepri telah usai.

Dilihat dari tingkat partisipasi pemilih tahun 2020 ini, partisipasi masyarakat dalam Pemilihan Gubernur (Pilgub) Kepri mengalami kenaikan.

Hal ini seperti penuturan seorang Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kepri, Widyono Agung Sulistiyo.

Ia bilang, partisipasi pemilih dalam Pilkada Kepri mencapai 68,56 persen. Persentase ini naik dibandingkan pemilihan pada tahun 2015 lalu yang hanya mencapai 56,74 persen.

Baca juga: Terungkap, Ini Poin Gugatan Pilkada Kepri Tim INSANI ke MK hingga Harapan ke Semua Pihak

Baca juga: Ansar-Marlin Perkasa di Pilkada Kepri 2020, Unggul dari Petahana Gubernur Isdianto Jauh Lampaui Romo

"Hampir semua kalangan meragukan legitimasi hasil pemilihan dengan kekhawatiran partisipasinya sangat rendah. Ini dikarenakan ada kemungkinan pemilih takut untuk datang ke TPS akibat takut tertular Covid-19.

Namun, itu dapat dimaksimalkan dengan gigihnya upaya sosialisasi dari KPU di setiap kabupaten dan kota," ujarnya, Rabu (30/12/2020).

Di tengah bencana non-alam yaitu pandemi Covid-19, Widyono berterima kasih atas kesediaan masyarakat Kepri untuk memberikan hak suaranya.

Walau pada tanggal 3 sampai 21 November 2020 lalu, ada tiga komisioner KPU Kepri dinyatakan terpapar Covid-19, namun masyarakat tetap berpartisipasi pada Pilkada Kepri.

"Justru partisipasi naik lebih dari 12 persen dan kualitas pemilihan semakin baik, lancar dan terkendali. Maka ini merupakan pencapaian yang sangat disyukuri di akhir tahun 2020," tambah dia.

Halaman
123
Sumber: Tribun Batam
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved