Breaking News:

Banjir Rob di Lingga, Puluhan Warga Desa Batu Berdaun Mengungsi ke Kantor Desa

Puluhan warga Desa Batu Berdaun Lingga mengungsi ke kantor desa setelah rumah mereka terendam banjir rob sejak Rabu (13/1)

Penulis: Febriyuanda | Editor: Dewi Haryati
tribunbatam.id/Febriyuanda
Banjir rob di Lingga, puluhan warga Desa Batu Berdaun mengungsi ke Kantor Desa. Foto sejumlah rumah warga di Desa Batu Berdaun, Kecamatan Singkep, Lingga terendam banjir, Kamis (14/1/2021) 

LINGGA, TRIBUNBATAM.id - Banjir rob di Lingga, puluhan warga Desa Batu Berdaun mengungsi ke Kantor Desa.

Sejumlah daerah di Lingga terendam banjir rob, khususnya yang berada di wilayah pesisir.

Ada juga rumah yang rusak akibat dihantam gelombang laut dan air laut pasang besar.

Satu di antara daerah yang terkena banjir rob di wilayah Desa Batu Berdaun, Kecamatan Singkep.

Sejumlah rumah warga di Batu Berdaun terendam banjir. Sedikitnya 31 Kepala Keluarga (KK) terpaksa harus mengungsi di Kantor Desa Batu Berdaun sejak Rabu (13/1/2021) sampai hari ini Kamis (14/1/2021).

Baca juga: Air Laut Pasang, Belasan Rumah di Singkep Pesisir Lingga Terendam Banjir Rob

Kepala Desa (Kades) Batu Berdaun, Zainal mengatakan, daerah warga yang terkena banjir tersebut, yakni Kampung Baru dan Kampung Boyan.

"Warga mulai mengungsi sejak kemarin (Rabu), kira-kira pukul 10.00 WIB. Semua yang terdampak 54 KK, namun yang baru mengungsi di sini 31 KK," kata Zainal kepada Tribunbatam.id, Kamis siang.

Zainal melanjutkan, ada sebagian rumah yang terendam banjir, dan ada beberapa rumah yang rusak berat akibat terjangan gelombang laut.

"Mereka berusaha membuang air parit, dan juga membuat bendungan. Namun, kita tidak bisa melawan alam, hanya bisa berupaya.

Saya telah menyampaikan kepada pihak warga, agar mengungsi dulu sampai arus laut benar-benar kembali normal," terang Zainal.

Warga Kampung Boyan dan Kampung Baru mengungsi ke Kantor Desa Batu Berdaun, Kecamatan Singkep, Kabupaten Lingga, pascarumahnya terendam banjir rob sejak Rabu (13/1/2021)
Warga Kampung Boyan dan Kampung Baru mengungsi ke Kantor Desa Batu Berdaun, Kecamatan Singkep, Kabupaten Lingga, pascarumahnya terendam banjir rob sejak Rabu (13/1/2021) (tribunbatam.id/Febriyuanda)

Zainal berharap, agar pemerintah daerah maupun pemerintah pusat bisa mengupayakan pembangunan di pantai, agar kejadian ini tidak terulang kembali.

"Semoga bisa dibangun tembok pemecah gelombang, kira-kira yang dibutuhkan 6 kilometer," ucap Kades Batu Berdaun itu.

Sementara itu, ia menaksir kerugian yang dialami warga terdampak lebih kurang Rp 100 juta dari musibah itu.

Dari informasi yang dihimpum TribunBatam.id, ada beberapa bantuan baik itu dari Kabupaten, donatur, dari desa, pihak Puskesmas dan kecamatan sudah tersalurkan.

Halaman
1234
Sumber: Tribun Batam
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved