Breaking News:

KARIMUN TERKINI

Penerapan Sertifikat Elektronik di Karimun, Ini Kata BPN Karimun

BPN Karimun mengungkap kendala dalam menerapkan sertifikat elektronik di Karimun itu.

TribunBatam.id/Yeni Hartati
Kantor Badan Pertanahan Nasional atau BPN Karimun, Rabu (17/2/2021). 

KARIMUN, TRIBUNBATAM.id - Kementerian Agaria dan Tata Ruang Republik Indonesia serta Badan Pertanahan Nasional baru-baru ini mengeluarkan kebijakan mengenai sertifikat elektronik.

Hadirnya sertifikat elektronik ini dikeluarkan dalam peraturan menteri ATR Kepala BPN No 1 tahun 2021 tentang sertipikat elektronik.

Sertipikat elektronik yang selanjutnya disebut sertipikat-el adalah sertipikat yang diterbitkan oleh sistem elektronik dalam bentuk dokumen elektronik.

Lalu bagaimana penerapannya di Karimun?

Badan Pertanahan Nasional atau BPN Karimun membenarkan kebijakan pemerintah pusat akan menerapkan sertifikat elektronik tersebut.

Sebanyak 1.387 sertifikat tanah diserahkan ke warga Batam seiring kegiatan penyerahan sertifikat tanah untuk rakyat se-Indonesia secara virtual.
Sebanyak 1.387 sertifikat tanah diserahkan ke warga Batam seiring kegiatan penyerahan sertifikat tanah untuk rakyat se-Indonesia secara virtual. (TRIBUNBATAM.id/ROMA ULY SIANTURI)

Meski demikian, Humas sekaligus Analis Sumber Daya Manusia Aparatur Pertama Koordinator kelompok Substansi Umum dan Kepegawaian BPN Karimun, Bayu Witopo menyebut jika penerapan sertifikat elektronik di Karimun masih dilakukan secara bertahap.

Sambil menunggu arahan dari pusat, BPN Karimun melakukan persiapan migrasi dari sertipikat analog menjadi elektronik

Selain karena kondisi geografis, kendala fasilitas yang ada di kantor menurutnya masih jauh untuk menerapkan sertipikat elektronik itu.

"Untuk wilayah Kabupaten Karimun masih terbilang sangat jauh untuk diterapkan sekarang.

Namun akan dilakukan secara bertahap, tidak menutup kemungkinan akan menerapkan sistemnya.

Halaman
123
Penulis: Yeni Hartati
Editor: Septyan Mulia Rohman
Sumber: Tribun Batam
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved