Breaking News:

KEPRI TERKINI

Bank Indonesia Ungkap Kondisi Ekonomi Kepri, Serukan Pentingnya Sinergitas

BI Kepri berharap, pelantikan kepala daerah hasil Pilkada serentak dapat mengakselerasi realisasi belanja di daerah.

TRIBUNBATAM.ID/REBEKHA
Bank Indonesia Ungkap Kondisi Ekonomi Kepri, Tekankan Pentingnya Sinergitas. Foto Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Kepri, Musni Hardi K Atmaja. 

BATAM, TRIBUNBATAM.id - Kondisi ekonomi Kepri pada triwulan IV 2020 mengalami kontraksi sebesar -4,46 persen (yoy), membaik dibandingkan triwulan sebelumnya sebesar -5,81 persen (yoy).

Perbaikan ekonomi Kepri pada triwulan IV 2020 terutama didorong oleh meningkatnya mobilitas masyarakat.

Selain itu program stimulus Pemerintah dalam kerangka Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) serta meningkatnya permintaan ekspor seiring relaksasi partial lockdown/lockdown di sejumlah negara mitra dagang utama.

Kondisi ini menjadi faktor pendorong terhadap perbaikan lapangan usaha industri pengolahan dan perdagangan besar dan eceran di Kepri.

Namun, proses perbaikan ekonomi Kepri tertahan oleh belum pulihnya aktivitas di sektor pariwisata.

Pada tahun 2021, seiring perbaikan ekonomi global dan nasional, perekonomian Kepri diperkirakan mengalami perbaikan yang didukung oleh pelaksanaan program vaksinasi corona sejak Januari 2021.

Tim Vaksinator dari UPT Puskesmas Dabo Lama, Kecamatan Singkep memberikan penyuntikan vaksin Sinovac kepada 33 calon jemaah haji, Rabu (24/3/2021)
Tim Vaksinator dari UPT Puskesmas Dabo Lama, Kecamatan Singkep memberikan penyuntikan vaksin Sinovac kepada 33 calon jemaah haji, Rabu (24/3/2021) (tribunbatam.id/istimewa)

"Dari sisi internal akan didorong oleh berlanjutnya stimulus fiskal melalui penyaluran bantuan sosial yang akan mendorong daya beli dan konsumsi masyarakat," ujar Kepala kPw BI Kepri Musni Hardi K. Atmadja dalam keterangan yang diterima TribunBatam.id, Jumat (26/3/2021).

BI Kepri juga berharap, setelah dilantiknya kepala daerah, baik pada tingkat provinsi hingga kabupaten dan kota turut mengakselerasi realisasi belanja pemerintah daerah.

Demikian halnya dengan investasi yang akan meningkat, didorong oleh realisasi investasi yang tertunda pada tahun sebelumnya maupun untuk mendukung ekspansi usaha.

Sementara dari sisi eksternal, perbaikan ekonomi Kepri akan didorong oleh peningkatan permintaan ekspor seiring perbaikan ekonomi global.

Halaman
123
Penulis: Rebekha Ashari Diana Putri
Editor: Septyan Mulia Rohman
Sumber: Tribun Batam
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved