Breaking News:

ANAMBAS TERKINI

DPRD Minta Pemkab Anambas Selektif Salurkan Dana Hibah dan Bantuan Sosial

DPRD Anambas minta agar Pemkab Anambas menyalurkan dana hibah dan bantuan sosial dengan lebih selektif, efektif, efesien dan tepat sasaran.

Tribun News
DPRD Anambas minta agar Pemkab Anambas menyalurkan dana hibah dan bantuan sosial dengan lebih selektif, efektif, efesien dan tepat sasaran. Ilustrasi 

ANAMBAS, TRIBUNBATAM.id - Dewan Perwakilan Rakyat ( DPRD) Kepulauan Anambas menyampaikan rekomendasi tentang LKPJ Bupati Kepulauan Anambas tahun anggaran  2020 dalam rapat paripurna di Gedung DPRD, aula lantai I, jalan Imam Bonjol, Tarempa, Kecamatan Siantan.

Dalam pembahasan rapat panitia khusus DPRD Anambas, rekomendasi itu diharapkan menjadi dasar perbaikan penyelenggaraan dan pembangunan ditata kelola pemerintah Kabupaten Kepulauan Anambas pada anggaran tahun selanjutnya.

Proses pelaksanaan rapat pansus itu bertujuan mendalami pelaksanaan kegiatan oleh Perangkat Daerah Kabupaten Kepulauan Anambas yang dilaporkan dalam dokumen LKPJ Bupati Kepulauan Anambas tahun anggaran 2020.

Adapun rekomendasi DPRD Anambas terhadap LKPJ yakni agar pemerintah daerah ini dapat meningkatkan bidang ekonomi di Kabupaten Kepulauan Anambas dengan mendorong nilai produksi perikanan budidaya, mengembangkan objek - objek wisata dan meningkatkan program kegiatan serta anggaran di sektor UMKM. 

Menurut pansus DPRD Anambas, kondisi kemiskinan dibandingkan tahun 2019 mengalami peningkatan, sebesar 0,12 poin, namun tidak disajikan dalam dokumen LKPJ Tahun 2020.

"Untuk itu DPRD mengurus agar pada tahun- tahun yang akan datang Pemerintah menyajikan data-data angka kemiskinan yang telah dirilis oleh Badan Pusat Statistik," ujar Ketua Pansus DPRD Anambas, Yusli, saat penyampaian LKPJ. 

"Dirinya menguturakan saat ini DPRD membantu Pemerintah Daerah fokus pada program atau kegiatan-kegiatan yang dapat menurunkan angka kemiskinan dengan membuka lapangan pekerjaan yang baru.  Dengan rekomendasi itu kepada pemerintah daerah untuk lebih optimal mempertahankan dan meningkatkan Indek Pembangunan Manusia (IPM) terutama pada Harapan Hidup saat lahir dan Harapan Lama Sekolah (HLS)," jelasnya.

Baca juga: Bakal Bicara Soal Sampah, Remaja Anambas Terpilih Jadi Pembicara Webtalk DeTara Foundation

Secara umum realisasi pajak daerah dan retribusi daerah tahun anggaran 2020 melebihi target yang ditetapkan, maka dalam perubahan APBD Tahun Anggaran 2021 targetnya dapat ditambah atau dinaikan sebesar 10 persen dari tahun 2020. 

Selain itu, untuk LKPJ yang akan datang DPRD meminta pemerintah daerah menyajikan target dan realisasi untuk masing-masing - objek pajak daerah, dan objek retribusi daerah secara terperinci dan meningkatkan kualitas pelayanan dan pemungutan terhadap wajib pajak dan retribusi.

Sementara itu, realisasi lain PAD yang sah tahun anggaran 2020 tidak dapat melebihi target yang ditetapkan.

Halaman
123
Penulis: Rahma Tika
Editor: Tri Indaryani
Sumber: Tribun Batam
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved