Breaking News:

BATAM TERKINI

BTKL PP Batam Kirim Sampel Swab Berkala ke Balitbangkes, Pantau Varian Baru Covid-19

BTKL PP Batam mengirimkan secara berkala sampel covid-19 ke Balitbangkes untuk meneliti perkembangan kasus covid-19 di Batam

FREEPIK.COM
BTKL PP Batam Kirim Sampel Swab Berkala ke Balitbangkes, Pantau Varian Baru Covid-19. Ilustrasi covid-19. 

BATAM, TRIBUNBATAM.id - Balai Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit (BTKL-PP) Batam masih terus mengirimkan sampel swab covid-19 ke Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan (Balitbangkes).

Itu untuk meneliti perkembangan kasus Covid-19 di Batam.

Dari hasil pengiriman sampel itu, sejauh ini belum ada sample yang menunjukkan temuan varian baru Covid-19 di Batam, pasca temuan varian B1525 sekira Februari 2021 lalu.

Saat itu, varian baru covid-19 ini ditemukan di Batam, yang diderita seorang Pekerja Migran Indonesia yang pulang dari Malaysia.

“Kita masih terus mengirimkan (sampel) ke Balitbangkes secara periodik,” ujar Kepala BTKL PP Batam, Budi Santosa, Kamis (6/5/2021).

Diakuinya, dari sampel yang diberikan, belum ada hasil yang menunjukkan temuan varian baru Covid-19. Namun proses penelitian sampel masih dilakukan di Balitbangkes.

“Terakhir, sampel yang kami kirim tanggal 29 April 2021,” katanya.

Ia menyampaikan proses penelitian memerlukan waktu satu hingga dua minggu, untuk dapat medapatkan hasil. Adapun sampel yang dikirim berjumlah 130 sampel.

Sampel itu digunakan untuk test Whole Sequencing Genome ( WGS). Perlu diketahui, bahwa WGS adalah upaya yang dilakukan pemerintah untuk memetakan varian Covid-19 yang masuk ke Indonesia.

“Kriterianya (sampel) nilai CT dibawah 29. Ini kita kumpulkan dulu setelah cukup baru kita kirim ke Balitbangkes,” ucapnya.

Halaman
123
Penulis: Roma Uly Sianturi
Editor: Dewi Haryati
Sumber: Tribun Batam
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved