Breaking News:

PPDB 2021

Jadwal PPDB Natuna 2021, Digelar Offline Mulai 1 Juli 2021 untuk PAUD, SD dan SMP

Tahap pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) di Natuna tingkat Paud, SD dan SMP akan dilaksanakan pada tanggal 1-4 Juli 2021

Penulis: Muhammad ilham
Editor: Dewi Haryati
tribunbatam.id/Muhammad Ilham
Kasi Pembina SD Dinas Pendidikan Kabupaten Natuna, Umar Wirahadi Kusuma 

NATUNA, TRIBUNBATAM.id - Tahap pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) di Kabupaten Natuna tingkat Paud, SD dan SMP akan dilaksanakan pada tanggal 1-4 Juli 2021.

Hal tersebut disampaikan oleh Kasi Pembina SD, Umar Wirahadi Kusuma mewakili Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Natuna, Suherman.

Menurut Umar, setelah pendaftaran tahap seleksi akan dilakukan pada 6 Juli 2021. Kemudian pengumuman PPDB dilakukan tanggal 8 Juli 2021. Berikutnya daftar ulang pada tanggal 9 Juli 2021.

“PPDB akan dilaksanakan secara offline. Orang tua atau calon peserta didik terkait datang langsung ke sekolah untuk melakukan pendaftaran. Tentunya dengan menerapkan protokol kesehatan,” ucap Umar kepada Tribunbatam.id di Ruang Kantor Sekretaris Disdik Natuna, Senin (7/6/2021).

Adapun persyaratan PPDB dilihat dari jalur yang akan diambil calon peserta didik.

Baca juga: Panduan Lengkap PPDB 2021, Syarat dan Cara Mendaftar SMA/SMK di Kepri

Baca juga: PPDB 2021 Dibuka Awal Juli, Pemkab Natuna Tekankan Wajib Belajar 12 Tahun

Jalur PPDB dibagi menjadi empat bagian yaitu zonasi, afirmasi, perpindahan wali murid dan jalur prestasi khusus untuk Sekolah Menengah Pertama (SMP). Untuk Sekolah Dasar (SD) tidak ada jalur prestasi.

Persyaratan secara umum untuk PPDB yaitu akta kelahiran, kartu keluarga dan surat kelulusan untuk semua jenjang sekolah.

Menurut Umar, untuk calon peserta didik tingkat SD minimal berusia 5 tahun 8 bulan dibuktikan dengan akta. Di bawah usia itu wajib menyertakan surat keterangan mampu mengikuti kegiatan belajar dari psikiater.

Terdapat persyaratan tambahan untuk calon peserta didik yang mengambil jalur afirmasi dan prestasi. Peserta didik yang mengambil jalur afirmasi harus menyertakan Kartu Keikutsertaan Program Keluarga Harapan (PKH).

Sementara untuk jalur prestasi harus menyertakan piagam penghargaan yang dimiliki calon peserta didik.

“PPBD dilakukan secara serentak di seluruh indonesia,” tutup Umar.

(Tribunbatam.id/Muhammad Ilham)

Baca juga Berita Tribun Batam lainnya di Google

Berita tentang Natuna

Berita tentang PPDB 2021

Sumber: Tribun Batam
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved