Breaking News:

CAPRES 2024

PKS Berhasrat Capres 2024 dari Internal, Bukan Anies? Nama Prabowo & Ganjar Kian Bersaing

Ketua DPP Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Mardani Ali Sera menturkan, PKS ingin mencalonkan kader partai sebagai calon presiden dalam Pemilihan Presid

Editor:
(TRIBUNNEWS.COM/KOMPAS.COM)
PKS Berhasrat Capres 2024 dari Internal, Bukan Anies? Nama Prabowo & Ganjar Kian Bersaing. Foto Dari kiri ke kanan: Prabowo Subianto, Ganjar Pranowo, Sandiaga Uno, dan Anies Baswedan. Kesemuanya digadang-gadang nyapres 2024 

JAKARTA, TRIBUNBATAM.id - Maski masih masih sekitar tiga tahun lagi pesta demokrasi capres 2024 ddi Indonesia, namun aroma dan suhu politik kian berhembus.

Ada sejumlah nama-nama yang digadang-gadang bakal nyapres 2024.

Nama Ganjar Pranowo, Prabowo Subianto, Anies Baswedan, Ridwan Kamil, Abdul Muhaimin Iskandar atau Cak Imin,  Airlangga Hartarto dan sejumlah nama lain.

Lalu bagaimana sikap partai politik terhadap itu? Misalkan PKS Berhasrat Capres 2024 dari Internal, Bukan Anies? Nama Prabowo & Ganjar Kian Bersaing.

Baca juga: Digadang-gadang Kandidat Kuat Capres 2024 Meski Tanpa PDIP, Segini Harta Ganjar Pranowo

Berdasarkan sejumlah hasil survei yang dirilis dalam beberapa waktu terakhir, nama Prabowo, Ganjar, dan Anies konsisten berada di tiga besar survei elektabilitas calon presiden.

Hasil survei Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) yang digelar 21-28 Mei 2021 menunjukkan Prabowo memiliki elektabilitas sebesar 21,5 persen, disusul Ganjar (12,6 persen), dan Anies (12 persen).

Survei Parameter Politik Indonesia yang digelar pada 23-28 Mei 2021 juga menunjukkan hasil serupa, yakni Prabowo (18,3 persen), Ganjar (16,5 persen), dan Anies (15,1 persen).

Terbaru, hasil survei LSI Denny JA yang dilakukan pada 27 Mei 2021 hingga 4 Juni 2021 menunjukkan elektabilitas Prabowo sebesar 23,5 persen, disusul Ganjar (15,5 persen), dan Anies (13,8 persen).

Baca juga: Survei SMRC: Popularitas Airlangga Hartarto Meroket Menjelang Capres 2024

"Memang ada kecenderungan hampir sama dengan bebera lembaga survei yang lain bahwa top three dari capres saat ini memang nama-namanya adalah tiga nama, Prabowo, Ganjar, dan Anies Baswedan," ujar peneliti LSI Denny JA Adjie Alfaraby dalam konferensi pers, Kamis (17/6/2021).

Sementara Ketua DPP Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Mardani Ali Sera menturkan, PKS ingin mencalonkan kader partai sebagai calon presiden dalam Pemilihan Presiden atau capres 2024.

Mardani Ali Sera, Ketua DPP PKS
Mardani Ali Sera, Ketua DPP PKS (Tribunnews.com)

Hal itu disampaikan Mardani merespons sejumlah hasil survei yang menempatkan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sebagai tiga tokoh dengan elektabilitas tertinggi.

Baca juga: Pengamat Sebut, Jusuf Kalla Dukung Anies Baswedan Masuk Nasdem untuk Persiapan Capres 2024

" PKS terus menyiapkan diri memajukan kader untuk maju dalam kontestasi pilpres dengan tetap membuka komunikasi dengan semua pihak dan tokoh karena untuk bertanding perlu berkoalisi dengan banyak pihak," kata Mardani saat dihubungi Kompas.com, Jumat (18/6/2021).

Hanya saja, Mardani masih menutup rapat-rapat siapa sosok dari kader PKS yang akan dicalonkan pada pilpres mendatang.

"Majelis syuro akan membuat pengumuman," ujar dia.

Halaman
12
Sumber: Tribunnews
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved