Breaking News:

BATAM TERKINI

Capaian PAD Batam Baru 27 Persen, Wawako Minta Dinas Penghasil Kerja Keras

Wawako Batam Amsakar Achmad menyebut dari target PAD Batam Rp 1,4 triliun baru terealisasi Rp 400 miliar atau masih 27 persen.

Penulis: Roma Uly Sianturi | Editor: Dewi Haryati
TribunBatam.id/Roma Uly Sianturi
Capaian PAD Batam Baru 27 Persen, Wawako Minta Dinas Penghasil Kerja Keras. Foto Wakil Wali Kota Batam atau Wawako Batam, Amsakar Achmad, beberapa waktu lalu 

BATAM, TRIBUNBATAM.id - Wakil Wali Kota Batam Amsakar Achmad meminta dinas penghasil bekerja kerja agar Pendapatan Asli Daerah (PAD) bisa dicapai secara maksimal.

Amsakar mengatakan, dari laporan Badan Pengelolaan Pajak dan Retribusi Daerah (BP2RD) Batam, PAD Batam diperkirakan akan defisit mencapai Rp 400 miliar. Namun angkanya berubah ke arah yang positif di rapat terakhir, yakni turun menjadi Rp 200 miliar.

"Saya dapat laporan begitu. Pak Azmansyah menyampaikan Alhamdulillah Pak Wakil masih ada potensi-potensi peningkatan sumber PAD, sehingga setelah dilakukan penghitungan perkiraan defisit yang awalnya mencapai Rp 400 miliar turun menjadi Rp 200 miliar," ujar Wakil Wali Kota Batam, Amsakar Achmad, Kamis (24/6/2021).

Amsakar melanjutkan, melihat waktu masih ada beberapa bulan jelang Desember, ia yakin dinas penghasil akan mengupayakan agar target yang sudah diberikan bisa mencapai hasil yang maksimal. Meskipun saat ini dibenturkan dengan situasi yang masih pandemi.

"Masih ada kesempatan. Harapan saya tentu BP2Rd melakukan berbagai hal agar hasil ini bisa terus membaik," katanya.

Baca juga: Pencapaian PAD Kota Batam Masih di Bawah 20 Persen

Lebih lanjut, Amsakar mengatakan, pemanfaatan teknologi dan upaya jemput bola kepada wajib pajak harus dilakukan agar target ini bisa tercapai. Apabila tidak memenuhi, setidaknya mendekati.

"Makanya butuh usaha ekstra hingga akhir tahun nanti," katanya.

Ia menegaskan Pemerintah Kota (Pemko) Batam terus memaksimalkan PAD menjelang akhir tahun mendatang. Hal ini dilakukan guna menekan defisit yang nilainya mencapai ratusan miliar.

Upaya memaksimalkan PAD ini dilakukan melalui sumber penghasil seperti pajak, retribusi, dan sumber dana-dana lainnya.

Ia menyebutkan saat ini capaian PAD Batam Rp 1,4 triliun dan baru tercapai Rp 400 miliar atau masih 27 persen. Untuk itu, semua dinas dan sektor penghasil akan diminta bekerja lebih keras, agar di akhir tahun nanti ada hasil yang cukup baik dari PAD ini.

Halaman
12
Sumber: Tribun Batam
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved