Breaking News:

KEBIJAKAN

Insentif Baru Peritel, Penyewa Toko di Mal dan Pasar Bakal Bebas PPN

Pemerintah akan menanggung 100 persen PPN sewa toko, peritel tidak perlu lagi membayar PPN dari sewa toko/outlet tersebut.

Editor: Rimna Sari Bangun
tribunbatam.id/Rebekha Ashari Diana Putri
Ilustrasi pusat perbelanjaan di Batam. Pemerintah berencana mengeluarkan insentif baru di bidang ritel, penyewa toko dan outlet tak perlu bayar PPN.  

TRIBUNBATAM.id, JAKARTA - Upaya pemerintah untuk memulihkan ekonomi nasional terus berjalan.

Setelah memperpanjang insentif PPnBM otomotif baru-baru ini, pemerintah berencana mengeluarkan insentif baru di bidang ritel. 

Pemerintah akan memberikan insentif baru kepada pelaku usaha di sektor ritel, berupa pembebasan Pajak Pertambahan Nilai (PPN) untuk menyewa toko ataupun outlet.

Deputi Bidang Koordinasi Ekonomi Makro dan Keuangan Kemenko Perekonomian, Iskandar Simorangkir mengatakan, program tersebut masih merupakan bagian program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN).

Baca juga: CEK Saham-Saham yang Diprediksi Tetap Perkasa saat Pemberlakuan PPKM Darurat

Dengan insentif, pemerintah akan menanggung 100 persen PPN sewa toko. Artinya, peritel tidak perlu lagi membayar PPN dari sewa toko/outlet tersebut.

"Ini temporer dan PPN- nya ditanggung pemerintah (DTP). Dan ini bagian insentif fiskal program PEN," kata Iskandar, Kamis (1/7/2021).

Adapun outlet yang dimaksud tidak terbatas pada outlet di pusat perbelanjaan. Outlet di ruang publik lain seperti bandara, terminal, hingga pasar rakyat bisa menjadi objek insentif PPN kali ini.

Kendati demikian, Peraturan Menteri Keuangan (PMK) relaksasi pajak ini masih digodok dan dibahas Kementerian. Iskandar pun belum mengetahui pasti tanggal resmi dan batas waktu pengenaan insentif PPN.

"Rinciannya saya kurang tahu karena PMK lagi diproses Kemenkeu," tandas Iskandar.

Sebelumnya, insentif untuk sektor ritel ini sudah disinggung oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto.

Halaman
12
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved