Breaking News:

KEBIJAKAN

Wajib Bawa Kartu Vaksin dan PCR, Begini Aturan Lengkap Perjalanan Domestik Selama PPKM Darurat

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi telah menerbitkan surat edaran untuk mengatur pelaku perjalanan dalam negeri selama masa PPKM darurat.

Editor: Rimna Sari Bangun
tribunbatam.id/Ronnye Lodo Laleng
Ilustrasi. Kapal Pelni tiba di Pelabuhan Batu Ampar Batam, Rabu (30/6/2021). Menhub menerapkan aturan baru perjalanan terkait PPKM Darurat. 

TRIBUNBATAM.id, JAKARTA - Penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) mulai hari ini 3 Juli hingga 20 Juli 2021 mendatang, sejumlah aturan baru pun dibuat.

Mulai dari penutupan pusat perbelanjaan hingga jam operasional sejumlah layanan publik juga disesuaikan. 

Untuk transportasi, Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi telah menerbitkan surat edaran untuk mengatur pelaku perjalanan dalam negeri selama masa PPKM darurat.

Baca juga: BI Dorong Perbankan Turunkan Suku Bunga Kredit Baru, Masih Bisa Turun 2 %

Surat edaran (SE) Kementerian Perhubungan untuk masing-masing moda transportasi akan mulai berlaku pada 5 Juli.

Hal ini agar masyarakat dan operator transportasi dapat menyesuaikan dengan aturan tersebut.

SE Kemenhub merujuk surat edaran (SE) Satgas Covid-19 Nomor 14 tahun 2021.

Baca juga: PPKM Darurat, Pemerintah Siapkan Rp 6,1 Triliun untuk Perpanjang Bansos

Secara umum petunjuk teknis penyelenggaraan transportasi dengan kriteria dan persyaratan bagi pelaku perjalanan terdiri dari beberapa hal.

Pertama, untuk perjalanan jarak jauh dan perjalanan dari/menuju Jawa dan Bali harus menunjukkan kartu telah vaksin (minimal dosis pertama), hasil RT-PCR 2x24 Jam atau Antigen 1x24 Jam.

Kedua, pengetatan mobilitas di Jawa dan Bali dilakukan dengan mengharuskan pelaku perjalanan memiliki sertifikat vaksin, hasil RT-PCR 2x24 jam, tes antigen yang berlaku maksimal 1x24 jam untuk moda laut, darat, penyeberangan, dan kereta api jarak jauh.

"Khusus untuk Moda Udara syarat pelaku perjalanan wajib memiliki Sertifikat vaksin dan wajib tes RT-PCR yang berlaku maksimal 2x24 jam di wilayah Jawa dan Bali," ujar Menhub Budi Karya Sumadi dalam konferensi pers, Jumat (2/7).

Halaman
1234
Sumber: Tribun Batam
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved