Breaking News:

Ada Sosok Pemuda Indonesia di Balik Lahirnya Vaksin Covid-19 AstraZeneca

Sipa sangka salah satu dari vaksin yang ada sekarang tercipta ada andil pemuda Indonesia di dalamnya yaitu Indra Rudiansyah yang ikut Jenner Institute

Editor: Irfan Azmi Silalahi
Dok Pribadi
Sosok Indra Rudiansyah, WNI yang terlibat dalam penelitian dan pembuatan vaksin Covid-19 di Universitas Oxford, Inggris 

TRIBUNBATAM.id - Dunia kini telah memiliki sejumlah vaksin Covid-19, meski belum menjamin seseorang yang divaksin akan terbebas dari infeksi Covid-19.

Selain vaksi Sinovac dari China, terdapat vaksin Covid-19 merek Pfizer dan AstraZeneca, masing-masing berasal dari Amerika Serikat dan Inggris.

Namun siapa sangka, salah satu dari vaksin tersebut tercipta terdapat andil pemuda Indonesia di dalamnya.

Indra Rudiansyah (29), mahasiswa di Universitas Oxford membuat bangga Tanah Airnya.

Ia tergabung bersama tim Jenner Institute pimpinan Profesor Sarah Gilbert, ilmuwan Inggris yang dapat standing ovation saat hadir di laga pembuka kejuaraan tenis akbar Wimbledon 2021.

Sejak 20 Januari 2020, tim Jenner Institute dan Oxford Vaccine Group bekerja sama menguji coba vaksin virus corona di Pusat Vaksin Oxford.

Baca juga: Vaksin AstraZeneca Terbukti Ampuh Beri Perlindungan Seumur Hidup dari Covid-19

"Tentu sangat bangga bisa tergabung dalam tim untuk uji klinis vaksin Covid-19 ini, meskipun ini bukan penelitian utama untuk tesis saya," ujar Indra Rudiansyah, 23 Juli 2020.

Sosok Indra Rudiansyah, WNI yang terlibat dalam penelitian dan pembuatan vaksin Covid-19 di Universitas Oxford, Inggris
Sosok Indra Rudiansyah, WNI yang terlibat dalam penelitian dan pembuatan vaksin Covid-19 di Universitas Oxford, Inggris (Dok Pribadi)

Mahasiswa S-3 Clinical Medicine di Universitas Oxford itu mengungkapkan, penelitian utamanya untuk tesis sebenarnya adalah vaksin malaria.

Namun, keikutsertaannya di tim Jenner Institute merupakan real case dari penelitian vaksin untuk menyelamatkan banyak orang.

Ketika wabah Covid-19 mengalami eskalasi menjadi pandemi, semua aktivitas di kampus tutup kecuali untuk bidang yang terkait Covid-19.

Halaman
1234
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved