Breaking News:

ANAMBAS TERKINI

Seorang Perangkat Desa di Anambas Jadi Tersangka Kasus Dugaan Korupsi Rp 180 Juta

Kejari Natuna di Tarempa Anambas menetapkan seorang perangkat desa berinisial I sebagai tersangka kasus dugaan korupsi dana desa tahun anggaran 2020

Penulis: Rahma Tika | Editor: Dewi Haryati
tribunbatam.id/Rahma Tika
Konferensi pers penetapan seorang perangkat desa inisial I (35) sebagai tersangka kasus dugaan tindak pidana korupsi senilai Rp 180 juta, Jumat (23/7/2021) 

ANAMBAS, TRIBUNBATAM.id - Seorang perangkat desa di Desa Tarempa Barat Daya, Kecamatan Siantan, Anambas ditetapkan sebagai tersangka kasus dugaan korupsi dana desa tahun anggaran 2020.

Kerugian negara terkait kasus ini sekitar Rp 180 juta.

Kepala Cabang Kejaksaan Negeri Natuna di Tarempa Roy Huffington Harahap, SH mengatakan, pihaknya menetapkan I sebagai tersangka proyek lanjutan batu miring serta semenisasi jalan menuju Tanjung Pandan dan kegiatan seminasi jalan gang kuburan di Desa Tarempa Barat Daya.

"Setelah melakukan penyidikan dan sejumlah barang bukti telah cukup, maka kami melakukan penetapan terhadap tersangka dan langsung dilakukan penahanan," ujar Roy, Jumat (23/7/2021).

Ia mengungkapkan, alasan penyidik melakukan penahanan berdasarkan pasal 21 KUHP karena ancamannya lebih dari lima tahun.

Baca juga: FOKUS Pulihkan Keuangan Negara, Kejari Batam Bidik Sejumlah Kasus Korupsi

Baca juga: Kejati Kepri Ajukan Kasasi ke MA, Korupsi Izin Usaha Tambang Bauksit Seret 12 Orang

"Ditakutkan tersangka melarikan diri, atau menghilangkan barang bukti. Itu yang dijadikan penyidik untuk melakukan penahanan," jelasnya.

Roy menerangkan, bahwa saat ini tersangka dititipkan di Polsek Siantan.

Sementara itu, Roy menyebut, hingga saat ini pihaknya telah menangani sejumlah perkara, dan ada sebagian yang sudah inkrah.

"Kita dari Kejaksaan bertindak tegas dalam melakukan penegakan hukum di bidang tindak pidana korupsi," ungkapnya.

Sementara itu kepada perangkat desa yang ada di Kabupaten Kepulauan Anambas, Roy mengimbau untuk hati-hati dalam penggunaan dana desa. Lantaran program tersebut bertujuan untuk pembangunan.

Halaman
123
Sumber: Tribun Batam
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved