Breaking News:

KEPRI TERKINI

Gubernur Kepri Pimpin Rapat Bersama BPN, Sukseskan Program Reforma Agraria

Rapat antara Gubernur Kepri bersama Kanwil BPN Kepri juga membahas rencana kunjungan Wamen Agraria dan Tata Ruang ke Kepri.

Penulis: Endra Kaputra | Editor: Septyan Mulia Rohman
TribunBatam.id/Istimewa
Gubernur Kepri Ansar Ahmad didampingi beberapa kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) rapat bersama Kepala Kantor Wilayah Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kepri, Askani beserta jajarannya di ruang kerja Gubernur di Dompak, Tanjungpinang, Senin (30/8). 

KEPRI, TRIBUNBATAM.id - Gubernur Kepulauan Riau (Kepri), Ansar Ahmad memimpin rapat bersama Kepala Kantor Wilayah Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kepri Askani, beserta jajarannya di ruang kerja Gubernur Kepri di Dompak, Tanjungpinang, Senin (30/8).

Didampingi beberapa kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemprov Kepri, rapat ini membahas rencana kunjungan kerja Wakil Menteri (Wamen) Agraria dan Tata Ruang / Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) ke Kepri.

Termasuk rapat koordinasi Gugus Tugas Reforma Agraria (GTRA) yang akan berlangsung 31 Agustus sampai dengan 3 September.

Reforma Agraria merupakan program prioritas pemerintah yang bertujuan untuk mengatasi ketimpangan penguasaan dan pemilikan tanah.

Pelaksanaan Reforma Agraria diatur dalam Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 86 Tahun 2018 tentang Reforma Agraria dan sesuai amanat Perpres tersebut, dibentuk Tim Reforma Agraria Nasional.

Mengawali hari Senin (30/8) pagi, Gubernur Kepri, Ansar Ahmad memimpin rapat.
Mengawali hari Senin (30/8) pagi, Gubernur Kepri, Ansar Ahmad memimpin rapat. (Ist)

Pemerintah membentuk Gugus Tugas Reforma Agraria atau GTRA guna membantu Tim Reforma Agraria Nasional menyelenggarakan kegiatan-kegiatan Reforma Agraria.

Fungsi GTRA sendiri adalah untuk melakukan koordinasi dan fasilitasi, tugasnya antara lain mengkoordinasikan integrasi penataan aset maupun akses serta mengkoordinasikan dan memfasilitasi penanganan sengketa dan konflik agraria.

Dalam kesempatan ini Gubernur Kepri meminta kepada Dinas terkait dilingkungan Pemprov Kepri segera mengklasifikasikan kawasan hutan yang ada di Kepri.

Berapa kira-kira lahan yang akan dilepaskan di Kepri serta kriterianya.

"Melalui program ini nantinya akan ada lahan yang akan dilepaskan untuk kepentingan masyarakat, termasuk untuk kepentongan investasi san sebahainha.

Halaman
123
Sumber: Tribun Batam
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved