Breaking News:

LINGGA TERKINI

Pasca Temuan Perahu Diduga Cagar Budaya, Dinas Kebudayaan Lingga Dapat 'Izin' Bupati

Bupati Lingga, Muhammad Nizar mendukung penuh upaya perlindungan benda cagar budaya di Lingga.Kepada Dinas Kebudayaan diberi kesempatan observasi

Penulis: Febriyuanda | Editor: Dewi Haryati

LINGGA, TRIBUNBATAM.id - Temuan perahu diduga cagar budaya di Pulau Sebangka, Desa Laboh, Kecamatan Senayang, Kabupaten Lingga, Provinsi Kepri berlanjut.

Pasca temuan perahu itu, Dinas Kebudayaan Lingga bersama tim Balai Arkeologi Sumatera Utara menemui Bupati Lingga Muhammad Nizar di ruang kerjanya.

Pertemuan tersebut membicarakan agenda serah terima objek penelitian perahu diduga cagar budaya bercadik khas Nusantara, yang sebelumnya diangkat dari Pulau Sebangka.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Kebudayaan Lingga, Azmi mengatakan kedatangan mereka itu sebagai langkah tindak lanjut pasca penelitian arkeologi terhadap objek perahu tersebut.

Dalam hal ini, tim Balai Arkeologi Sumatera Utara akan menyerahkan Objek Diduga Cagar Budaya (ODCB) tersebut kepada pemerintah daerah.

"Kami berkoodinasi rencana penyerahan benda cagar budaya ini ke Pemerintah Kabupaten Lingga. Itu dari Balai Arkeologi Sumatera Utara ke Bupati Lingga," jelas Azmi seusai pertemuan tersebut, belum lama ini.

Baca juga: Perahu Diduga Cagar Budaya Ditemukan di Lingga, Arkeolog Sumatera Utara Lakukan Penelitian

Baca juga: Disbudpar Batam Fokus Urus Cagar Budaya, Kirim Perwakilan Ikut Sertifikasi

Sebelumnya, pihaknya juga telah berkoordinasi dengan pemerintah daerah. Itu terkait rencana pemindahan perahu diduga cagar budaya yang ditemukan warga terbenam di Pantai Pulau Sebangka.

Pemindahan perahu dengan panjang 12,55 meter dan lebarnya kurang lebih 1 meter itu diangkut menggunakan angkutan laut dan darat.

Evakuasi dibantu tim dari Balai Arkeologi Sumatera Utara, dan masyarakat setempat pada 26 Agustus 2021 lalu.

Azmi menjelaskan, pihaknya akan terus berupaya meningkatkan pengembangan objek cagar budaya.

Halaman
1234
Sumber: Tribun Batam
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved