Breaking News:

BATAM TERKINI

INI Aturan Berlaku di Batam Selama Status PPKM Level 3 hingga 20 September 2021

Batam kembali memberlakukan PPKM level 3 dan belum berhasil turun ke level 2. Simak aturan yang berlaku dan harus dipatuhi untuk menekan covid-19.

Penulis: Roma Uly Sianturi | Editor: Tri Indaryani
TRIBUNBATAM.id/ROMA ULY SIANTURI
Wali Kota Batam, Muhammad Rudi menyampaikan dengan status Batam masih pada level 3, maka ketentuan PPKM di level tersebut tetap berjalan sesuai dengan Instruksi Mendagri. 

BATAM, TRIBUNBATAM.id - Berdasarkan Instruksi Mendagri nomor 41 tahun 2021 yang dikeluarkan pada Senin (6/9/2021) lalu, Kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di Kota masih level 3.

Selain Kota Batam, daerah Kepri lainnya yang masuk level 3 yaitu Kabupaten Bintan, Kabupaten Karimun, Kabupaten Kepulauan Anambas, Kota Tanjungpinang, Kabupaten Lingga dan Kabupaten Natuna.

Adapun instruksi Mendagri nomor 41 tahun 2021 diatur lebih lanjut mengenai pembelajaran tatap muka dapat dilakukan secara terbatas, hanya 50 persen dari kapasitas.

Kecuali bagi satuan pendidikan (sekolah) luar biasa bisa dilakukan dengan kapasitas maksimal 62 persen hingga 100 persen, dengan menjaga jarak minimal 1,5 meter dan maksimal 5 peserta didik per kelas.

Sementara itu, untuk PAUD maksimal 33 persen dari kapasitas dengan menjaga jarak minimal 1,5 meter dan maksimal peserta didik per kelas.

Kemudian pelaksanaan kegiatan makan/minum di tempat umum seperti warung makan/warteg, pedagang kaki lima, lapak jajanan dan sejenisnya diizinkan buka dengan protokol kesehatan ketat.

Sedangkan restoran/rumah makan dan kafe dengan skala kecil, sedang atau besar dapat melayani makan ditempat/dine in dibatasi jam operasional sampai Pukul 20.00 waktu setempat dengan kapasitas pengunjung 50 persen.

Baca juga: BANYAK Aset Negara, Pasar Induk Jodoh Batam Dijaga Ketat 24 Jam

Dan menerima makan dibawa pulang/ delivery/ take away dengan penerapan protokol kesehatan secara lebih ketat.

Pada kegiatan pada pusat perbelanjaan/mall/pusat perdagangan diizinkan beroperasi 50 persen pada Pukul 10.00 WIB hingga 20.00 waktu setempat, dengan menggunakan aplikasi Peduli Lindungi atau penerapan protokol kesehatan yang diatur oleh Pemerintah Daerah.

Lalu untuk tempat ibadah dapat mengadakan kegiatan peribadatan/keagamaan berjamaah dengan pengaturan kapasitas maksimal 25 persen atau maksimal 50 persen.

Untuk pelaksanaan kegiatan pada area publik, pelaksanaan kegiatan seni, budaya dan sosial kemasyarakatan diizinkan beroperasi 50 persen. Termasuk juga kegiatan resepsi pernikahan dan hajatan maksimal dihadiri 50 persen dari kapasitas.

Wali Kota Batam, Muhammad Rudi menyampaikan dengan status Batam masih pada level 3, maka ketentuan PPKM di level tersebut tetap berjalan sesuai dengan Instruksi Mendagri.

“Tetap saja seperti yang diatur dalam Inmendagri,” ujar Rudi singkat saat berada di BP Batam, Selasa (7/9/2021). (TRIBUNBATAM.id/ Roma Uly Sianturi)

Baca juga Berita Tribun Batam lainnya di Google

Berita Tentang Corona Kepri

Sumber: Tribun Batam
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved