Breaking News:

LINGGA TERKINI

Sanggar Seni Diram Perkase Lingga Tetap Aktif Meski Corona, Gelar Teater Bangsawan Melayu

Cara unik pun dipilih Sanggar Seni Diram Perkase Lingga untuk mementaskan teater bangsawan Melayu saat kondisi pandemi Covid-19.

Penulis: Febriyuanda | Editor: Septyan Mulia Rohman
TribunBatam.id/Febriyuanda
Sanggar Seni Diram Perkase, Desa Sungai Buluh, Kabupaten Lingga, Kepri pentaskan budaya seni bangsawan Melayu dalam bentuk film atau video di masa pandemi Covid-19. 

LINGGA, TRIBUNBATAM.id - Sanggar Seni Diram Perkase, Desa Sungai Buluh di Kabupaten Lingga, Provinsi Kepri menampilkan sebuah pementasan teater bangsawan Melayu.

Mereka tetap eksis meski pandemi covid-19.

Budaya seni bangsawan ini mengisahkan sebuah drama ala kerajaan Melayu, yang diperagakan oleh kebanyakan dari pemuda Desa Sungai Buluh itu.

Sanggar Seni ini berinisiatif untuk mementaskan teater itu dengan membuat sebuah video atau film akibat kondisi pandemi.

Hal itu bertujuan agar bisa dinikmati oleh orang banyak, meski tidak bisa ditampilkan langsung di atas panggung pentas oleh penonton.

Bukan main-main, pembuatan video itu pun dibuat dengan secara totalitas dengan memakai dekorasi, pakaian Melayu, hingga adegan yang sudah dilatih.

Baca juga: Selalu Kesulitan Sejak Kecil tapi Hoki Dalam Bercinta, Lalu Bagaimana Peruntungan Weton Senin Pon?

Baca juga: PPKM Selesai Senin 4 Oktober 2021? SIMAK Info Lengkap Syarat Naik Pesawat Garuda, Lion Air, Citilink

Beberapa adegan dalam film ini juga menunjukkan seni silat Melayu, yang ditampilkan melalu adegan perkelahian.

Dari pantauan TribunBatam.id, beberapa dekorasi atau background untuk mengoptimalkan pementasan itu, di antaranya lokasi hutan, lokasi kerajaan, dan lokasi rumah melayu.

Proses pembuatan video itu pun memakan waktu selama tiga minggu, untuk mempersiapkan segala kebutuhan seadanya.

Sutradara Sanggar Seni Diram Perkase, Sariman Adi Pureza mengatakan, bahwa kegiatan yang mereka lakukan untuk melestarikan seni bangsawan Melayu.

Halaman
123
Sumber: Tribun Batam
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved