Breaking News:

Masalah Tenaga Kerja di PT Pegatron, Kadisnaker Batam Sebut sudah Ada Kesepakatan

Kadisnaker Batam Rudi Sakyakirti sebut persoalan di PT Pegatron sudah diserahkan ke pihak manajemen dan serikat pekerja. Mereka sudah ada kesepakatan

Penulis: Ichwan Nur Fadillah | Editor: Dewi Haryati
TribunBatam.id/Ichwan Nur Fadillah
Kadisnaker Batam, Rudi Sakyakirti saat menyaksikan perundingan antara manajemen PT Pegatron Technology Indonesia bersama perwakilan dari karyawan, Jumat (1/10/2021). 

BATAM, TRIBUNBATAM.id - Meski sudah ada kesepakatan damai, persoalan karyawan dengan manajemen di PT Pegatron Technology Indonesia kawasan Batamindo, Kota Batam, masih terus disorot oleh sejumlah pihak.

Selain polemik Tenaga Kerja Asing (TKA), pemutusan kontrak terhadap karyawan hamil di sana turut mengundang atensi.

Merespons ini, Kepala Dinas Tenaga Kerja (Kadisnaker) Kota Batam, Rudi Sakyakirti menyebut jika sejumlah persoalan sudah diserahkan ke pihak manajemen dan serikat pekerja di perusahaan asing tersebut.

Kendati demikian, pihaknya tak akan membiarkan begitu saja polemik ini dan tetap akan memonitor kelanjutan dari perundingan damai yang ditandatangani antara perusahaan dan karyawan, Rabu (29/9/2021) lalu.

"Kesepakatan sudah ada, tinggal diikuti sesuai peraturan perundang-undangan. Dan perusahaan sudah menyepakati 20 tuntutan karyawan saat aksi spontan beberapa hari lalu," tegas Rudi kepada Tribun Batam saat diwawancarai, Kamis (7/10/2021).

Perihal banyaknya persoalan di perusahaan, ia menjelaskan jika hal tersebut akan diselesaikan oleh manajemen dan serikat pekerja di PT. Pegatron.

Termasuk perihal intimidasi terhadap pekerja perempuan yang diputus kontraknya saat tengah hamil.

Baca juga: KISRUH TKA di PT Pegatron Berakhir Damai, Dalam Pengawasan Disnaker Batam

Baca juga: Komisi IV DPRD Batam Soroti Aturan Rancu di PT Pegatron, Buntut Aksi Pekerja

"Bahkan, manajemen meminta serikat pekerja untuk membuat laporan tersendiri perihal itu. Nantinya, hal ini akan dibicarakan kembali dengan melakukan investigasi bersama," lanjutnya.

Tidak hanya itu, kata Rudi, pihak perusahaan juga bersedia untuk melakukan verifikasi persoalan pemutusan kontrak kerja untuk karyawan hamil tersebut.

Berakhir Damai

Sebelumnya diberitakan, polemik di PT Pegatron Technology Indonesia akhirnya selesai.

Ini setelah pihak manajemen serta karyawan sepakat untuk berunding, Rabu (29/9) lalu.

Disaksikan oleh Kepala Dinas Tenaga Kerja (Kadisnaker) Batam, Rudi Sakyakirti dan perwakilan dari serikat buruh, kedua belah pihak sepakat untuk berdamai.

Hal itu ditandai dengan kesediaan pihak manajemen perusahaan memenuhi seluruh tuntutan para karyawan.

Halaman
1234
Sumber: Tribun Batam
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved