Breaking News:

DERETAN Tanaman Obat yang Efektif Sembuhkan Beragam Penyakit Kronis, Sudah Diakui Dunia Medis

Begitu banyak obat-obatan yang tersedia saat ini merupakan turunan dari pengobatan herbal yang berasalah dari tanaman obat.

IST
OBAT HERBAL - Inilah deretan tanaman obat yang efektif mengobati beragam penyakit. FOTO: KUNYIT ASAM 

TRIBUNBATAM.id - Beragam obat-obatanyang ada di dunia ini banyak menggunakan tanaman sebagai bahan bakunya.

Tidak melulu menggunakan bahan kimia, baik itu obat-obatan medis maupun tradisonal banyak memanfaatkan tanaman obat karena dinilai memiliki khasiat yang mumpuni. 

Begitu banyak obat-obatan yang tersedia saat ini merupakan turunan dari pengobatan herbal, seperti aspirin yang terbuat dari kayu pohon dedalu, juga digitalis, quinine, dan opium.

Tanaman obat adalah tumbuhan yang telah diidentifikasi dan diketahui berdasarkan pengamatan manusia memiliki senyawa yang bermanfaat untuk mencegah dan menyembuhkan penyakit, melakukan fungsi biologis tertentu, hingga mencegah serangan serangga dan jamur.

WHO memperkirakan bahwa 80 persen warga di benua Asia dan Afrika memanfaatkan pengobatan herbal untuk beberapa aspek perawatan kesehatan.

Amerika Serikat dan Eropa memiliki ketergantungan yang lebih sedikit, tetapi memperlihatkan kecenderungan meningkat sejak efektivitas beberapa tumbuhan obat telah teruji secara ilmiah dan terpublikasikan.

Setidaknya 12 ribu senyawa telah diisolasi dari berbagai tumbuhan obat di dunia, tetapi jumlah ini hanya sepuluh persen dari jumlah total senyawa yang dapat diekstraksi dari seluruh tumbuhan obat.

Baca juga: 5 Jenis Kacang-kacangan yang Bisa Membakar Lemak Perut, Cocok Banget untuk Diet

Baca juga: 4 Bahan Dapur Ini Bisa Jadi Pupuk Organik Tanaman Hias, Bikin Subur dan Berbunga Lebat

Berbagai jenis tanaman obat

Tanaman obat telah dibudidayakan di banyak rumah tangga keluarga Indonesia sejak dulu.

Bukan hanya dari daun, berbagai bagian dari tanaman obat juga bisa digunakan dan diolah, termasuk akar, daun, umbi, batang, atau bunga.

Halaman
1234
Sumber: Tribun Batam
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved