Breaking News:

CORONA KEPRI

6.000 Lansia di Batam Belum Divaksin, Dinkes Bakal Turun ke Perumahan Upgrade Data

Berdasarkan data Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Batam ada 6.000 lansia yang belum mendapat vaksin. Dinkes akan segera melakukan upgrade data lansia.

Penulis: Roma Uly Sianturi | Editor: Tri Indaryani
TRIBUNBATAM.id/Roma Uly Sianturi
Suasana vaksinasi untuk lansia belum lama ini. Berdasarkan data Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Batam ada 6.000 lansia yang belum mendapat vaksin. Dinkes akan segera melakukan upgrade data lansia. 

BATAM, TRIBUNBATAM.id -  Pemerintah Kota Batam terus menggencarkan vaksin Covid-19 untuk lansia (lanjut usia).

Berdasarkan data Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Batam ada 6.000 lansia yang belum mendapat vaksin.

"Provinsi Kepri masih level 2, jadi kami diminta untuk mengejar target vaksinasi lansia ini, agar bisa mengangkat capaian provinsi, sehingga bisa turun ke level 1," ujar Didi saat dijumpai di acara Kunjungan Kerja BKKBN di RS Hj. Bunda Halimah, Selasa (2/11/2021).

Diakuinya saat ini sebenarnya untuk target vaksinasi lansia yang sudah divaksin sudah mencapai 71 persen dari target lebih kurang 20 ribu lansia.

Angka ini, lanjutnya, sudah memenuhi syarat untuk penentuan Batam menjadi level 1.

Dari target yang belum divaksin tersebut akan didata kembali, dan dibelah untuk mencari lansia yang tidak bisa dan terkendala untuk menerima vaksin.

Hal tersebut bisa disebabkan karena penyakit bawaan yang diderita lansia.

Baca juga: SISWA SD di Batam Segera Divaksinasi Covid-19, Dinkes Data Anak Usia 6 hingga 11 Tahun 

Baca juga: BATAM Nihil Kasus Baru Covid-19, Dua Pasien Sembuh Tersisa 4 Orang Jalani Perawatan

"Jadi kami sangat berhati-hati tentunya. Data akan diupgrade lagi, dari total enam ribu tersebut berapa orang yang masih bisa divaksin," jelasnya.

Untuk itu, pihaknya bersama petugas di Puskesmas akan turun ke perumahan dan mencari lansia yang belum divaksin tersebut, agar capaian bisa lebih baik.

Didi mengakui ada perbedaan angka capaian vaksinasi lansia di Kementerian Kesehatan yang di-posting. 

"Angka kami sudah 71 persen, namun di Kemenkes itu 62 persen. Saya tidak tahu mereka pakai angka kapan itu. Tapi secara target untuk level 1 sudah bisa, karena hanya 60 persen minimal untuk bisa level 1," sebutnya.

Ia mengakui target vaksinasi lansia tidak bisa berjalan 100 persen. Kendati demikian diharapkan capaian bisa lebih maksimal dari capaian yang sudah ada saat ini.

"Kami upayakan secepatnya pendataan, dan pelaksanaan vaksinasi lansia ini. Kalau 100 persen tak bisa jika ada lansia yang terkendala untuk divaksin," katanya. 

Siswa SD Segera Divaksin

Halaman
123
Sumber: Tribun Batam
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved