Breaking News:

BATAM TERKINI

HARUS Ikut Jaga Laut, KKP Beri Tongkat Komando untuk Nakhoda Kapal Pengawas 

KKP melalui Direktorat Jenderal Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan membekali para Nakhoda Kapal Pengawas Perikanan dengan tongkat komando.

ISTIMEWA
Kapal pengawas PSDKP tangkap kapal asing pencuri ikan  

BATAM, TRIBUNBATAM.id - Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) melalui Direktorat Jenderal Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan membekali para Nakhoda Kapal Pengawas Perikanan dengan tongkat komando.

Tongkat komando ini menjadi simbolisasi amanah dan tanggung  jawab yang diberikan negara.

Hal ini merupakan upaya penguatan semangat, tanggungjawab dan kemampuan personil dalam menghadapi tantangan pengawasan di lapangan serta mengawal program-program prioritas Menteri kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono, termasuk penangkapan ikan terukur. 

"Tradisi penyerahan tongkat komando kepada para Nakhoda Kapal Pengawas Perikanan merupakan hal baru yang kami lakukan sebagai upaya melecut semangat dan tanggung jawab mereka untuk menjaga laut kita, termasuk mengawal program prioritas Menteri Kelautan dan Perikanan,"  ujar Laksda Adin Nurawaluddin, Direktur Jenderal Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan dalam rilisnya, Minggu (7/11/2021).

Prosesi penyerahan tongkat komando ini dilakukan di tengah-tengah pelaksanaan kegiatan penyegaran teknis menembak bagi Nakhoda Kapal Pengawas Perikanan dan Kepala Unit Pelaksana Teknis Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan (UPT PSDKP)  di Markas Marinir Cilandak Jakarta.

Baca juga: SELAMA Seminggu Sudah 3 Kali Banjir Parah, Warga Kabil Minta Pemko Batam Buat Parit

Baca juga: ANAK Umur di Bawah 12 Tahun Sudah Boleh Berlayar, Penumpang KM Kelud dari Batam Membludak

Kegiatan yang diikuti oleh 30 Nakhoda Kapal Pengawas Perikanan dan 14 Kepala UPT PSDKP ini dilaksanakan bekerjasama dengan Markas Komando Marinir Cilandak. 

“Ini upaya meningkatkan ketangguhan mental, tanggung jawab dan kecakapan petugas kami di lapangan”, ujar Adin. 

Menjelang implementasi penangkapan ikan terukur, maka kesehatan jasmani, semangat, tanggung jawab, psikologis, dan keterampilan para Nakhoda Kapal Pengawas Perikanan dan Kepala UPT PSDKP dievaluasi dan dilakukan penyegaran agar siap dalam kondisi prima.

Ini merupakan salah satu komitmen KKP untuk memastikan kegiatan pengawasan dalam rangka mengawal program-program prioritas Menteri Kelautan dan Perikanan dapat terlaksana dengan baik.

Sebelumnya tradisi pengambilan dan penyerahan Tongkat Komando juga telah dilaksanakan terhadap 14 Kepala UPT PSDKP pada bulan Oktober 2021. 

Halaman
123
Sumber: Tribun Batam
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved