Breaking News:

Waspada Banjir Rob di Penghujung Tahun, BMKG Karimun Ingatkan Masyarakat Pesisir

BMKG Karimun mengingatkan masyarakat pesisir agar waspada dengan potensi banjir rob dan hujan deras disertai anging kencang

Penulis: Yeni Hartati | Editor: Dewi Haryati
tribunbatam.id/Yeni Hartati
Waspada Banjir Rob di Penghujung Tahun, BMKG Karimun Ingatkan Masyarakat Pesisir. Foto banjir rob yang melanda Pamak Laut, Kecamatan Tebing, Kabupaten Karimun beberapa waktu lalu 

KARIMUN, TRIBUNBATAM.id - Banjir rob kerap terjadi wilayah pesisir di Kabupaten Karimun seperti Pamak Laut, Kecamatan Tebing dan Kampung Baru Bakoan Kecamatan Meral.

Taufiq, warga Pamak Laut mengatakan, daerah tempat tinggalnya memang langganan banjir rob setiap tahunnya.

"Kalau penghujung tahun gini, kami selalu berantisipasi untuk barang-barang berharga biasanya sudah kami susun di tempat yang lebih tinggi," ucap Taufiq, Rabu (8/12/2021).

Menurutnya, ketika air laut pasang ia hanya menunggu satu hingga dua jam banjir tersebut akan surut kembali.

"Pas air pasang itu biasanya satu hingga dua jam, nanti kami akan beraktivitas menunggu air surut," terangnya.

Di tempat berbeda, Ririn warga Kampung Baru Bakoan Kecamatan Meral mengatakan, banjir rob yang melanda tidak sampai masuk ke dalam rumahnya.

"Alhamdulillah banjir rob belum sempat masuk dalam rumah. Sampai halaman rumah saja. Tingginya semata kaki orang dewasa," ucap Ririn.

Baca juga: Banjir Rob Setinggi Betis Orang Dewasa Genangi Rumah Warga di Tanjungpinang

Baca juga: WASPADA Cuaca Ekstrem! Selain Banjir Rob, Gelombang Laut Rusak Sampan dan Pondok Daerah Ini

Berbagai upaya dilakukan olehnya, di antaranya dengan meninggikan rumahnya menjadi rumah panggung. Tujuannya agar ketika banjir rob terjadi, hanya halaman rumah saja yang kena.

Sementara itu, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Karimun, Forecaster atau Prakirawan Cuaca BMKG Karimun, Muhammad Tito Praditaputra mengingatkan adanya potensi banjir rob di sejumlah wilayah pesisir.

"Peristiwa alam ini selalu terjadi pada bulan Desember, mulai memasuki waktu penghujung tahun hingga awal tahun," ucap Tito.

Halaman
12
Sumber: Tribun Batam
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved