Breaking News:

Usai Premium 'Hilang' Giliran Pertalite Bakal Dihapus Pemerintah, Ini Penjelasannya

Selain RON 88 atau Premium pemerintah juga berencana mengganti RON 90 alias Pertalite dengan yang lebih tinggi. Dengan demikian hanya tersisa Pertamax

TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN)
Petugas memeriksa nosel dan selang Pertalite RON 90 sebelum peluncuran, di SPBU Coco, Jalan Abdul Muis, Jakarta Pusat, Rabu (22/7/2015). PT Pertamina (Persero) akan menjual produk bensin baru yakni Pertalite RON 90 pertama kali pada Jumat (24/7/2015) di Jakarta, Bandung, dan Surabaya. 

TRIBUNBATAM.id  - Corporate Secretary Subholding Commercial & Trading PT Pertamina (Persero) Irto Ginting menjelaskan, sejauh ini belum ada informasi terkait penghapusan Pertalite setelah Premium.

"Kalau kami melaksanakan sesuai penugasan yang diberikan oleh pemerintah," ucap Irto, Kamis (23/12/2021).

Seperti diketahui, selain RON 88 atau Premium, pemerintah juga berencana mengganti RON 90 alias Pertalite dengan yang lebih tinggi.

Dengan demikian, akan ada dua jenis BBM yang akan dihapus dan tersisa hanya Bahan Bakar Minyak (BBM) Pertamax.

"Kita memasuki masa transisi di mana Premium RON 88 akan diganti dengan Pertalite, sebelum akhirnya kita akan menggunakan bahan bakar yang ramah lingkungan," ujar Soerjaningsih, Direktur Pembinaan Usaha Hilir Minyak dan Gas Bumi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), mengutip migas.esdm.go.id.

Menurut Soerja, jenis BBM Premium dengan oktan 88 saat ini hanya digunakan tujuh negara.

Baca juga: Warga Batam Cemas Kabar Premium Berhenti Bulan Ini, Apa Kata Disperindag?

Baca juga: Pelangsir Berkeliaran, Beli Premium di Batam Bakal Pakai Kartu Kendali Lagi

Secara volume, juga sangat kecil lantaran sudah muncul kesadaran masyarakat akan penggunaan bahan bakar yang lebih berkualitas.

Untuk masa transisi peralihan tersebut, Soerja mengatakan pemerintah saat ini sedang menyiapkan road map bahan bakar ramah lingkungan yang akan dimulai dengan penghapusan Premium.

Setelah itu berlanjut ke Pertalite yang turut digantikan.

Namun perencanaannya memang bertahap yang diawali Pertalite mengganti Premium selama masa transisi, baru selanjutnya menyisahkan Pertamax.

Halaman
12
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved