Breaking News:

TANJUNGPINANG TERKINI

Benarkah Alfamart dan Indomaret Akan Hadir di Ibu Kota Kepri? Ini Kata DPMPTSP

DPMPTSP Tanjungpinang sampaikan, izin pendirian Alfamart dan Indomaret belum ditemukan di OSS Tanjungpinang. Untuk mekanisme izin saat ini mudah.

TRIBUNBATAM.id/RAHMA TIKA
Benarkah Alfamart dan Indomaret Akan Hadir di Ibu Kota Kepri? Ini Kata DPMPTSP. Foto ilustrasi gerai Indomaret dan Alfamart di Batam. 

TANJUNGPINANG, TRIBUNBATAM.id - Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Tanjungpinang menanggapi kabar yang beredar terkait informasi pendirian Alfamart atau Indomaret di Ibu Kota Kepri, Tanjungpinang.

DPMPTSP Tanjungpinang menyatakan, permohonan izin pendirian bisnis ritel modern tersebut belum ditemukan masuk melalui sistem Online Single Submission (OSS) Tanjungpinang.

"Tapi kalau di tahun 2021 yang lalu, sudah pernah ada pihak terkait datang menjumpai ke kepala dinas," ujar Sekretaris DPMPTSP Tanjungpinang, Elvi Arianti, Selasa (11/1/2022).

Lebih lanjut disampaikan Elvi, sebenarnya mekanisme permohonan perizinan saat ini cukup mudah. Pihak terkait cukup melengkapi persyaratan yang sudah tertera di OSS dan disesuaikan dengan Klasifikasi Baku Lapangan Usaha Indonesia (KBLI).

"Alfamart atau Indomaret itu kan kategori perusahaan bukan perorangan. Wajib pula mengisi persyaratan seperti Akta Pendirian, kewajiban pajak dan peruntukkan lokasi. Jika tidak, maka sistem bisa menolak," terangnya.

Dijelaskan Elvi, meski permohonan perizinan umum mudah untuk dilakukan, namun pihak terkait juga sebaiknya mendapat persetujuan dari pimpinan daerah untuk melihat sejauh mana kontribusinya bagi Kota Tanjungpinang.

"Artinya tidak hanya berkutat pada persyaratan umum saja. Karena kalau untuk itu tentu mereka mudah untuk melengkapi. Tapi kalau persyaratan lain, ibarat kalau kita mau berinvestasi tentu harus menyampaikan keinginannya dan kontribusi apa yang bisa diberikan," jelasnya.

Mantan Kabag Protokol dan Komunikasi Tanjungpinang ini juga memberi saran, terkait rencana pendirian Alfamart dan Indomaret, alangkah baiknya juga mendapat dukungan dari masyarakat dan pelaku UMKM lainnya di Tanjungpinang.

Baca juga: Begini Reaksi Warga Tanjungpinang terkait Vaksinasi Booster, Dimulai Besok secara Nasional

Baca juga: Warga Tanjungpinang Kehilangan Perhiasan Emas Rp 80 Juta, Curiga Lihat Jendela Rumah

Sekretaris DPMPTSP Kota Tanjungpinang, Elvi Arianti
Sekretaris DPMPTSP Kota Tanjungpinang, Elvi Arianti (tribunbatam.id/Noven Simanjuntak)

"Memang Alfamart dan Indomaret ini bagus, di beberapa daerah lain cukup berkembang. Namun tetap harus ada dukungan semua pihak, agar tidak jadi kendala nantinya," tukasnya..

(Tribunbatam.id/Noven Simanjuntak)

Baca juga Berita Tribun Batam lainnya di Google 

Sumber: Tribun Batam
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved