Breaking News:

INFO CUACA

WASPADA! BMKG Prakirakan Cuaca Pulau Bintan Buat 3 Hari Mulai Hari Ini

BMKG menginformasikan cuaca Pulau Bintan hari ini termasuk info cuaca besok. Mereka meminta warga untuk mewaspadai kondisi cuaca.

TribunBatam.id/Alfandi Simamora
Potret Pantai Trikora 3 Kabupaten Bintan, Provinsi Kepri. Tampak awan hitam menyelimuti kawasan pantai. Foto diambil baru-baru ini. 

KEPRI, TRIBUNBATAM.id - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Raja Haji Fisabilillah (RHF) Tanjungpinang memprakirakan cuaca untuk wilayah Kota Tanjungpinang dan Kabupaten Bintan, Kepulauan Riau (Kepri).

Prakiraan cuaca ini berlaku untuk tiga hari ke depan mulai hari ini, Rabu (23/2/2022).

Analisis dinamika, suhu muka laut (Sea Surface Temperature atau SST) per tanggal 21 Februari 2022 di sekitar Perairan Kepulauan Riau khususnya di Perairan Pulau Bintan umumnya masih dalam kondisi yang cukup hangat berkisar antara 28 - 29°C.

Sementara anomali SST positif di wilayah perairan Kepulauan Riau yang bernilai antara 0.0 s.d. 0.5°C.

Indeks ENSO terupdate bernilai -0.57 dan dalam kondisi La Nina Lemah, sehingga dapat memberikan dampak terhadap peningkatan aktivitas konveksi di wilayah Indonesia, namun kurang berpengaruh di wilayah Kepulauan Riau. Diprakirakan kondisi mulai berangsur netral pada Februari - April 2022.

Baca juga: INFO Cuaca Pulau Bintan 3 Hari Mendatang, Berawan dan Berpotensi Hujan Termasuk di Tanjungpinang

Baca juga: Mendag Sebut China Punya Andil Naiknya Harga Kedelai Indonesia Selain Faktor Cuaca

"Indeks Dipole Mode (DMI) terupdate juga bernilai -0.5 dalam kondisi negatif. Diprakirakan kondisi cenderung netral hingga Agustus 2022. Kondisi tersebut untuk saat ini berpengaruh terhadap peningkatan aktivitas konveksi di wilayah Indonesia termasuk wilayah Kepulauan Riau," ujar prakirawan BMKG Tanjungpinang, Arifah Dwi Yuliani dalam keterangan yang diterima TribunBatam.id, Rabu (23/2/2022)

Ia menyebutkan, analisis per tanggal 20 Februari 2022 menunjukkan MJO berada dalam fase 3 dan diprediksi tetap aktif menuju wilayah Benua Maritim hingga pertengahan dasarian III Februari 2022.

Yang mengindikasikan pada kondisi tersebut memberikan cukup pengaruh terhadap peningkatan pertumbuhan awan konvektif di Indonesia terutama di wilayah Barat Indonesia termasuk Kepulauan Riau.

Pada dasarian II Februari 2022 aliran massa udara di wilayah Indonesia umumnya masih didominasi angin baratan.

Pola siklonik diprediksi terjadi di sebelah barat Sumatera utara dan sekitar Barat Kalimantan.

Halaman
1234
Sumber: Tribun Batam
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved