Breaking News:

BP BATAM

BP Batam Perjuangkan Izin Pendirian Kampus Kedokteran Thumbay Group ke Pusat

BP Batam tengah memperjuangkan turunnya izin pendirian kampus asing bertaraf internasional yang bergerak di bidang kedokteran dari Thumbay Group

Penulis: Hening Sekar Utami | Editor: Dewi Haryati
BP Batam untuk Tribun Batam
BP Batam Perjuangkan Izin Pendirian Kampus Kedokteran Thumbay Group ke Pusat. Foto Kepala BP Batam HM Rudi, beberapa waktu lalu 

BATAM, TRIBUNBATAM.id - Rencana pengembangan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) berbasis kesehatan di Sekupang, Batam, akan didukung oleh kehadiran investor asing asal Uni Emirat Arab, Thumbay Group

Rencananya, perusahaan yang bergerak di bidang kesehatan dan pendidikan ini akan membangun kampus kedokteran bertaraf internasional. Kampus ini nantinya akan menjadi universitas asing pertama bertaraf internasional yang berdiri di Indonesia.

Kepala Badan Pengusahaan (BP) Batam yang juga Wali Kota Batam, Muhammad Rudi sangat berharap rencana ini terealisasi.

BP Batam saat ini sedang menyesuaikan desain site plan yang menyesuaikan dengan bentuk lahan yang tersedia. Rencana pembangunan universitas kedokteran dari Thumbay Group mencapai 3 hektare dengan nilai investasi Rp 7 triliun.

Namun, menurut Rudi, masih ada suatu kendala dalam rencana ini. Yakni berkaitan dengan perizinan pendirian perguruan tinggi asing dari pemerintah pusat.

Perguruan tinggi asing yang mendirikan kampus di Indonesia harus masuk dalam daftar 100 besar dunia.

"Untuk perguruan tinggi harus masuk seratus besar dunia. Kalau kampus kedokteran yang akan dibangun ini mungkin masih masuk 500 besar. Jadi untuk masalah izin masih diusahakan," jelas Rudi, ketika menghadiri safari Ramadan di Perumahan Marchelia Batam Center, Sabtu (9/4/2022) sore.

Rudi pun menyatakan akan menyampaikan kendala ini kepada Menteri Koordinator Bidang Perekonomian.

Baca juga: Bertemu Pendiri Thumbay Group UEA, BP Batam Wujudkan Investasi KEK Sekupang Terintegrasi

Baca juga: INVESTOR Arab Siapkan Rp 7 Triliun Bangun Rumah Sakit Internasional dan Kampus di Batam

Sekaligus, pihaknya memperjuangkan turunnya izin pendirian kampus asing bertaraf internasional yang bergerak di bidang kedokteran tersebut.

Pembangunan universitas kedokteran ini dapat dimanfaatkan sebagai ajang transfer teknologi dan informasi, serta diharapkan mampu menambah daya saing internasional. Serta mendukung fasilitas Rumah Sakit BP Batam, Taman Rusa dan Taman Kolam Sekupang.

Halaman
1234
Sumber: Tribun Batam
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved