Breaking News:

PARIWISATA KEPRI AMAN

Liburan Lebaran, Warga Padati Tempat Wisata, Kepala Dispar Kepri Ingatkan Khusus Pengelola

Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Kepulauan Riau, Buralimar mengingatkan masyarakat dan pengelola tempat wisata untuk saling menjaga keamanan.

Penulis: Roma Uly Sianturi | Editor: Thom Limahekin
tribunbatam.id/istimewa
BURALIMAR - Kepala Dinas Pariwisata Kepri, Buralimar. 

Editor: Thomm Limahekin

TRIBUNBATAM.id, BATAM - Antusias wisatawan lokal berwisata pada momen lebaran tahun ini relatif tinggi. Sebab, libur dan cuti bersama yang diberikan pemerintah cukup panjang, selama 29 April hingga 8 Mei 2022.

Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Kepulauan Riau, Buralimar mengingatkan masyarakat dan pengelola tempat wisata untuk saling menjaga keamanan.

Hal ini perlu diperhatikan untuk mengantisipasi kejadian yang tak diinginkan, antara lain pengunjung tidak berenang terlalu jauh dari bibir pantai ketika cuaca ekstrem.

Cuaca di wilayah Kepulauan Riau kerap berubah-ubah sehingga perlu diantisipasi dengan tetap mematuhi anjuran/larangan di area wisata.

Buralimar juga meminta pengelola tempat wisata memastikan tempat mereka aman dan nyaman dikunjungi wisatawan.

Baca juga: KAMPUNG Tua Bakau Serip Batam Masuk Nominasi Wisata Terbaik Indonesia, Begini Komentar Sandiaga Uno

DESA WISATA - Pengunjung sedang berwisata ke Kampung Tua Bakau Serip dan pengurus Kelompok Sadar Wisata Pandang Tak Jemu, Gerri, Selasa (3/5/2022).
DESA WISATA - Pengunjung sedang berwisata ke Kampung Tua Bakau Serip dan pengurus Kelompok Sadar Wisata Pandang Tak Jemu, Gerri, Selasa (3/5/2022). (TRIBUNBATAM.id/Roma Ully Sianturi)

Mereka diharapkan mulai menyiapkan area parkir yang memadai, menjaga kebersihan dan menyediakan tempat sampah, serta memperketat protokol kesehatan.

Dia juga mengimbau masyarakat berwisata secara aman dan sehat selama mengisi liburan Idul Fitri 1443 Hijriah/2022 Masehi. 

"Wisatawan nusantara itu pasti berlibur di tempat-tempat wisata, terutama di kawasan pantai," ujar Buralimar saat berada di Kota Batam, Kepulauan Riau, Selasa (3/5/2022).

Tak hanya itu, masyarakat juga harus meningkatkan disiplin protokol kesehatan saat berada di antara kerumunan pengunjung di lokasi pariwisata.

Mereka terutama diminta untuk memakai masker demi mencegah penularan Covid-19.

Baca juga: PESONA Hutan Bakau Berusia Ratusan Tahun di Batam, Masuk Daftar Anugerah Desa Wisata Indonesia

DESA WISATA - Suasana wisata di Pandang Tak Jemu, Desa Wisata Kampung Tua Bakau Serip, Nongsa.
DESA WISATA - Suasana wisata di Pandang Tak Jemu, Desa Wisata Kampung Tua Bakau Serip, Nongsa. (TRIBUNBATAM.id/Hening Sekar Utami)

Buralimar juga tampak optimistis akan kegiatan wisata masyarakat pada lebaran tahun ini aman dan terkendali dari penyebaran pandemi.

Sebab, cakupan vaksinasi sangat tinggi, sehingga kekebalan tubuh masyarakat sudah terbentuk untuk menghindari paparan Covid-19.

"Kita yakin geliat wisatawan lokal saat lebaran akan mendorong perekonomian masyarakat," ucap Buralimar.

Buralimar berharap momentum lebaran dapat menarik lebih banyak kunjungan turis asing ke Kepulauan Riau khususnya dari negara tetangga semisal Singapura dan Malaysia. (TRIBUNBATAM.id/Romma Ully Sinaturi)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved