Breaking News:

DISKOMINFO NATUNA

Bangun Sektor Pariwisata, Pemkab Akan Bawa Geopark Natuna Menuju UNESCO Global Geopark

Pemkab Natuna tengah berupaya membawa Geopark Natuna menuju UNESCO Global Geopark. Upaya ini telah dilakukan sejak beberapa tahun lalu

Penulis: Muhammad ilham | Editor: Dewi Haryati
tribunbatam.id/istimewa
Bupati Natuna Wan Siswandi saat memimpin rapat koordinasi terkait Natuna menuju UNESCO Global Geopark, di Ruang Rapat Kantor Bupati Natuna, Bukit Arai, Kecamatan Bunguran Timur, Rabu (11/5/2022). 

NATUNA, TRIBUNBATAM.id - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Natuna fokus mengembangkan sektor pariwisata di ujung utara Indonesia.

Kini Pemkab Natuna tengah membahas bagaimana membawa Geopark Natuna menuju UNESCO Global Geopark.

Hal tersebut disampaikan langsung oleh Bupati Natuna, Wan Siswandi saat memimpin rapat koordinasi Geopark Natuna menuju UNESCO Global Geopark di Lantai II Ruang Rapat Kantor Bupati Natuna, Jalan Batu Sisir, Bukit Arai, Kecamatan Bunguran Timur, Rabu (11/5/2022).

Selain menjadi Bupati Natuna, Wan Siswandi juga merangkap sebagai Ketua Badan Pengelola Geopark Natuna yang baru saja diambil-alih dari Asisten II Pemkab Natuna.

Kegiatan ini turut dihadiri Sekda Natuna Boy Wijanarko, Asisten II Pemkab Natuna Basri dan seluruh unsur Organisasi Perangkat Daerah Pemkab Natuna.

Dalam pemaparannya, Wan Siswandi menjelaskan untuk menuju Geopark Internasional ada beberapa hal yang harus dipenuhi terlebih dahulu.

Persyaratan tersebut meliputi warisan geologi, pengakuan dari internasional, sistem manajemen pengelolaan, site-site geopark, fasilitas dan jaringan dalam negeri dan internasional.

"Jadi ini semua harus jadi konsen kita semua. Apa yang belum ada kita adakan, apa yang belum lengkap kita lengkapi agar syarat di atas dapat terpenuhi," kata Wan Siswandi.

Baca juga: Tahun 2022, Pemkab Natuna Usulkan Perekrutan 200 PPPK ke Kemenpan RB

Baca juga: Pemkab Natuna Ajak Amerika Serikat Berinvestasi, Sosialisasikan 5 Pilar

Ia menegaskan, geopark ini merupakan prioritas pemerintah pusat dan pemerintah daerah, sehingga Natuna dapat diakui oleh UNESCO yang membidangi warisan dunia di PBB.

"Beberapa tahun lalu kita sudah diakui sebagai Geopark Nasional dan sekarang kita sedang berupaya agar menjadi Geopark global. Saya pikir ini harus kita utamakan untuk kemajuan pariwisata dan sekaligus sebagai soft diplomasi negara kita di kancah internasinal," jelasnya.

Halaman
12
Sumber: Tribun Batam
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved