Breaking News:

PARIWISATA KEPRI AMAN

Kadispar Kepri Dukung Pemkab Natuna Usulkan Geopark Natuna Jadi UNESCO Geopark Global

Kadispar Kepri Buralimar sebut, Natuna punya ciri khas wisata alam yang unik. Ia dukung upaya Pemkab agar Geopark Natuna jadi UNESCO Geopark Global

Penulis: Muhammad ilham | Editor: Dewi Haryati
tribunbatam.id/Muhammad Ilham
Destinasi Batu Sindu di Kecamatan Bunguran Timur, menjadi salah satu geosite di Geopark Natuna. Foto diambil beberapa waktu lalu 

NATUNA, TRIBUNBATAM.id - Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Kepulauan Riau (Kepri), Buralimar mendukung upaya Pemerintah Kabupaten Natuna untuk mengusulkan agar Geopark Natuna menjadi UNESCO Geopark Global.

Menurutnya, Kabupaten Natuna yang berada di daerah terdepan Provinsi Kepri memiliki ciri khas tersendiri, yaitu berupa wisata alam yang unik, sehingga Natuna dijadikan sebagai destinasi wisata Geopark dengan nama Geopark Natuna.

"Natuna punya ciri khas itu. Di Indonesia hanya 14 provinsi yang punya Geopark dan baru Provinsi Bangka Belitung yang jadi Geopark Global. Untuk itu kita sangat mendukung upaya dan langkah-langkah Pak Bupati, Wakil Bupati dan Dinas Pariwisata Natuna untuk mengusulkan Geopark Natuna menjadi UNESCO Geopark Global," kata Buralimar kepada Tribunbatam.id, melalui sambungan seluler, Kamis (12/5/2022).

Buralimar berharap agar Pemkab Natuna segera memenuhi persyaratan untuk menjadi UNESCO Geopark Global.

Hingga kini Geopark Natuna masih terdapat 8 geosite. Diketahui, salah satu syarat untuk masuk UNESCO Geopark Global, maka Geopark Natuna harus memiliki setidaknya 20 geosite.

Meski begitu, Pemkab Natuna tetap bisa mengusulkan hal tersebut dengan catatan setiap geosite harus dilengkapi fasilitas sesuai standar.

"Kita harap semua persyaratan administrasi maupun di lapangan segera dipenuhi. Sehingga usulan Pak Bupati segera menjadi Geopark Global. Jadi segeralah penuhi persyaratannya dengan bekerja sama dengan semua pihak, baik Provinsi Kepri maupun instansi ataupun lembaga lainnya," ujarnya.

Buralimar menuturkan, ia sangat bangga dengan Natuna. Meski kabupaten ini berada di ujung utara Indonesia, tapi daerah ini memiliki kekayaan alam yang sangat luar biasa.

Baca juga: Bangun Sektor Pariwisata, Pemkab Akan Bawa Geopark Natuna Menuju UNESCO Global Geopark

Baca juga: Pemkab Natuna Ajak Amerika Serikat Berinvestasi, Sosialisasikan 5 Pilar

Dengan destinasinya yang bersifat wisata alam, sehingga Natuna memiliki ikonik berupa Geopark Natuna.

"Kita dukung langkah-langkah Bupati dan Wakil Bupati dan Dinas Pariwisata untuk menggesa pertumbuhan destinasi yang ada di Natuna," tegasnya lagi. (Tribunbatam.id/Muhammad Ilham)

Baca juga Berita Tribun Batam lainnya di Google

Sumber: Tribun Batam
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved