Breaking News:

NATUNA TERKINI

Jaga Laut Natuna Utara, Prajurit Lanal Ranai Intens Latihan Menembak

Prajurit Lanal Ranai intens latihan menembak demi menjaga Laut Natuna Utara atau Laut China Selatan dari serangan musuh.

TribunBatam.id/Dokumentasi Lanal Ranai
Prajurit Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Ranai saat latihan menembak dengan Kapal Angkatan Laut (KAL) Sengiap, KAL Pulau Bungaran, Combat Boat dan Sea Rider di pesisir Laut Ranai, Kabupaten Natuna, Provinsi Kepulauan Riau, Selasa (31/5/2022). 

NATUNA, TRIBUNBATAM.id - Desing peluru terdengar dari kapal angkatan laut (KAL) dari perairan Kabupaten Natuna, Provinsi Kepulauan Riau (Kepri).

Prajurit TNI AL rupanya sedang menggelar latihan menembak di Laut Natuna Selatan itu.

Pangkalan Lanal Ranai pun menggunakan sejumlah unsurnya, mulai dari Kapal Angkatan Laut (KAL) Sengiap, KAL Pulau Bungaran, Combat Boat dan Sea Rider.

Latihan ini dilaksanakan oleh Lanal Ranai bersama Satgas Kompi Komposit Marinir Setengar.

Latihan menembak di laut tersebut merupakan bagian dari Latihan TW - II Lanal Ranai, untuk meningkatkan profesionalisme yang harus dimiliki prajuritnya dalam menembak sasaran di laut.

Sebelum pelaksanaan latihan menembak dilaksanakan pengarahan dan petunjuk oleh Pasops Lanal Ranai Mayor Laut (P) Pitrajaya Burnama, agar tidak terjadi kesalahan dalam menembak.

Baca juga: BMKG Minta Warga Kepri Waspada Cuaca Ekstrem, Gelombang Laut Natuna Utara Bisa 5 Meter

Baca juga: Bincang Santai Pajak, DJP Ranai Ajak Wajib Pajak Natuna Ikut PPS

Adapun materi dalam latihan menembak yang dilaksanakan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Ranai yaitu kapal dalam kondisi jalan, menembak sasaran drum yang mengapung diberi tanda bendara.

Diketahui senjata yang digunakan dalam latihan antara lain Meriam Oerlikon 20 mm jarak sasaran 2 mil, Mitraliur 12,7 mm jarak sasaran 1 mil, senjata SS 77 optional 7,62 mm jarak sasaran 700 yard sedangkan senjata AK - 47 7,62 mm jarak sasaran 100 yard.

Latihan menembak yang dilaksanakan Lanal Ranai merupakan salah satu prioritas Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M dalam pembangunan SDM TNI Angkatan Laut yang unggul.

Dalam kesempatan itu, Komandan Pangakalan TNI Angkatan Laut (Danlanal) Ranai Kolonel Laut (P) Arif Prasetyo I yang turut hadir di atas Kal Pulau Bungaran, mengatakan bahwa, Lanal Ranai melaksanakan kegiatan latihan menembak di laut yang melibatkan 4 unsur yaitu KAL Pulau Bungaran, KAL Sengiap, Combat Boat Catamaran dan Sea Rider.

"Tujuan dari latihan ini adalah untuk menguji kemampuan Personel Lanal Ranai dalam hal pengawak persenjataan baik di kapal maupun perorangan yang dilaksanakan secara berkala setahun sekali," ujar Danlanal Ranai.

Baca juga: Pemkab Natuna Anggarkan Rp 1 Miliar, Tuntaskan Pembangunan Masjid Ibnu Salim Ranai Darat

Baca juga: Kalahkan Pusra Junior, Klub Sepak Bola Ranai P2KR Juarai Turnamen Bunguran Cup 2022

Ia berharap dengan dilaksanakan latihan menembak di laut tersebut, kedepan prajurit Lanal Ranai dapat menjadi prajurit profesional, handal, mampu mengawaki persenjataan dan tanggung jawab terhadap kepercayaan yang diberikan negara.(*/TribunBatam.id/Muhammad Ilham)

Baca juga Berita TribunBatam.id lainnya di Google

Berita Tentang Natuna

Sumber: Tribun Batam
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved