Breaking News:

DISKOMINFO NATUNA

Tingkatkan Pelayanan Kesehatan, Bupati Natuna Ajukan RSUD Natuna Menjadi Rumah Sakit Tipe B

Bupati Natuna Wan Siswandi meminta secara langsung ke Menteri Kesehatan Republik Indonesia Budi Gunadi agar menjadikan RSUD Natuna menjadi tipe B.

Penulis: Muhammad ilham | Editor: Tri Indaryani
Diskominfo Natuna
Bupati Natuna, Wan Siswandi saat menjumpai Menteri Kesehatan Republik Indonesia, Budi Gunadi agar menjadikan RSUD Natuna menjadi tipe B, Kamis (2/6/2022). 

NATUNA, TRIBUNBATAM.id - Guna meningkatkan pelayanan kesehatan bagi masyarakat di ujung utara Indonesia, Bupati Natuna Wan Siswandi meminta secara langsung ke Menteri Kesehatan Republik Indonesia Budi Gunadi agar menjadikan RSUD Natuna menjadi tipe B, Kamis (2/6/2022).

Bupati Natuna, Wan Siswandi mengatakan RSUD Natuna saat ini masih bertipe C berkapasitas 100 tempat tidur dan masih kekurangan sejumlah dokter spesialis. 

"Harapan kami, RSUD Natuna menjadi tipe B, yang lengkap dengan sarana dan prasarana medis, agar masyarakat Natuna dapat berobat di Natuna saja tanpa harus dirujuk ke luar daerah," kata Wan Siswandi saat dijumpai di Penagi, Kecamatan Bunguran Timur, Kabupaten Natuna, Jumat (3/6/2022).

Ia mengemukakan, untuk menjadikan RSUD Natuna dari tipe C menjadi tipe B, ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi seperti penambahan ruang inap pasien dari 100 tempat tidur menjadi 200 tempat tidur.

Kemudian kelengkapan peralatan kesehatan, obat-obatan dan yang terpenting adanya beberapa dokter spesialis.

Baca juga: Pemkab Natuna Gelar Rapat Bahas Kelangkaan Solar Subsidi, Janji Fokuskan Pengawasan

Baca juga: Pemkab Natuna Serahkan Bandara Ranai dan Aset Lainnya Senilai Rp 8,36 M ke Pusat

Bupati Natuna, Wan Siswandi saat menjumpai Menteri Kesehatan Republik Indonesia, Budi Gunadi agar menjadikan RSUD Natuna menjadi tipe B, Kamis (2/6/2022).
Bupati Natuna, Wan Siswandi saat menjumpai Menteri Kesehatan Republik Indonesia, Budi Gunadi agar menjadikan RSUD Natuna menjadi tipe B, Kamis (2/6/2022). (ISTIMEWA/DISKOMINFO NATUNA)

"Oleh sebab itu saya menjumpai bapak Menkes Budi Gunadi kemarin (Kamis, 2 Juni 2022) untuk meminta pihak Kemenkes membantu memenuhi syarat-syarat yang diperlukan oleh RSUD Natuna agar bisa menjadi tipe B. Kalau sudah tipe B, masyarakat yang sakit parah tidak perlu harus jauh-jauh dirujuk di rumah sakit lain," ungkapnya.

Selain itu, kata Wan Siswandi, hal ini juga untuk persiapan kedepan mengingat akan bertambahnya prajurit TNI yang bertugagas di Natuna.

Sehingga RSUD harus memadai untuk mendukung sektor pertahanan tersebut. 

"Alhamdulillah, apa yang kami ajukan disambut baik oleh Pak Menteri, dan hal ini menjadi program prioritas Kemenkes untuk meningkatkan pelayanan kesehatan di wilayah-wilayah terluar NKRI," terang Wan Siswandi

Untuk tenaga medis, Bupati Natuna juga minta sharing dengan anggaran Kemenkes agar tidak terlalu menjadi beban daerah.

Bupati Natuna dan Menkes Budi Gunadi Sadikin
Bupati Natuna, Wan Siswandi saat foto bersama dengan Menteri Kesehatan Republik Indonesia, Budi Gunadi Sadikin, Kamis (2/6/2022).

(TRIBUNBATAM.id/Muhammad Ilham)

Baca juga Berita TribunBatam.id lainnya di Google

Berita Tentang Natuna

Sumber: Tribun Batam
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved