Breaking News:

INFO CUACA

CUACA di Pulau Bintan Selama Tiga Hari, Tanjungpinang hingga Lagoi Berpotensi Hujan

Info cuaca di Pulau Bintan selama tiga mendatang sejak hari ini Senin (4/7/2022) sudah dirilis Stasiun Meteorologi RHF Tanjungpinang. Cek selengkapnya

Grafis Tribunnews.com/Ananda Bayu S Cuaca
Info cuaca di Pulau Bintan selama tiga mendatang sejak hari ini Senin (4/7/2022) sudah dirilis Stasiun Meteorologi RHF Tanjungpinang. Ilustrasi 

TANJUNGPINANG, TRIBUNBATAM.id - Stasiun Meteorologi, Raja Haji Fisabilillah (RHF) Tanjungpinang merilis info cuaca untuk wilayah Pulau Bintan selama tiga hari ke depan terhitung sejak hari ini, Senin 4 Juli 2022. 

Berdasarkan data meteorologi, analisis dinamika, suhu muka laut (Sea Surface Temperature atau SST) per tanggal 2 Juli 2022 di sekitar perairan Kepulauan Riau khususnya di Perairan Pulau Bintan umumnya masih dalam kondisi yang hangat.

Suhu muka laut berkisar antara 29 - 31°C dengan anomali SST di wilayah perairan Pulau Bintan yang bernilai negatif antara -0.5 s.d. 1.0°C.

Indeks Dipole Mode (DMI) terupdate masih bernilai -0.48, yaitu dalam kondisi negatif (kuat).

Itu artinya, kondisi tersebut dapat berpengaruh terhadap peningkatan aktivitas konveksi di wilayah Indonesia bagian barat dan diprakirakan akan berlangsung hingga 
Desember 2022.

"Indeks ENSO terupdate masih bernilai -0.72 dan dalam kondisi La Nina Lemah, sehingga tidak berpengaruh terhadap aktivitas konveksi di wilayah Pulau Bintan.

Diprakirakan kondisi akan cenderung netral pada Juli – September 2022," ujar prakirawan BMKG Tanjungpinang, Hayu Nor Mahroon, Senin (4/7/2022).

Analisis per-tanggal 2 Juli 2022 menunjukkan MJO aktif lemah di fase-4, kondisi tersebut cukup pengaruh terhadap penambahan jumlah curah hujan di wilayah Indonesia bagian tengah – timur, tetapi kurang berpengaruh untuk di wilayah Pulau Bintan.

Baca juga: Fasilitas RSUD Dabo Singkep Lingga Memprihatinkan, DPRD Kepri Siap Bantu Akses APBN

Baca juga: Banyak ODGJ Berkeliaran Ganggu Warga, Dinsos Lingga Ingin Punya Rumah Singgah

Prakiraan Dasarian I Juli 2022, aliran massa udara di wilayah Indonesia diprediksi didominasi oleh angin timuran kecuali di wilayah Sumatera bagian utara hingga tengah.

Kemudian berpotensi adanya pola siklonik tertutup (eddy) di sekitar wilayah barat Pulau Sumatera dan barat laut Pulau Kalimantan yang berdampak pada belokan angin (shearline) di sekitar wilayah Pulau Bintan.

Halaman
123
Sumber: Tribun Batam
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved