Breaking News:

ANAMBAS TERKINI

BESOK Pertandingan Dimulai, Kontingen Anambas Justru Mundur dari Popda Kepri

Kontingen Kabupaten Kepulauan Anambas memutuskan untuk mundur dan batal mengikuti Popda ke-8 Kepri di Bintan. Alasannya karena anggaran.

TRIBUNBATAM.id/NOVEN SIMANJUNTAK
Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Kepulauan Anambas, Asiah mengungkapkan alasan kontingen Anambas batal ikut Popda. 

ANAMBAS, TRIBUNBATAM.id - Kontingen Kabupaten Kepulauan Anambas memutuskan untuk mundur dan tidak ikut serta dalam Pekan Olahraga Pelajar Daerah (Popda) ke-8 Provinsi Kepulauan Riau (Kepri).

Mereka mengundurkan diri, usai mendaftar sebagai peserta Popda Kepri yang diselenggarakan di Kabupaten Bintan pada tanggal 25 - 30 Juli mendatang.

Mundurnya kontingen atlet Anambas itu dibenarkan oleh Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Kepulauan Anambas Asiah.

Pengakuan Asiah, alasan mundurnya kontingen Anambas dikarenakan tidak mencukupinya pos anggaran pada APBD 2022.

Padahal sebelumnya, kata Asiah, para kontingen telah melakukan pendaftaran pada bulan Maret untuk mengikuti sembilan cabang olahraga yang akan dipertandingkan.

"Pos anggarannya ada, hanya kekuatannya tidak cukup untuk mengirim kontingen kami. Kalau pun hanya satu cabor saja yang ikut kan juga tidak mungkin," kata Asiah melalui sambungan selulernya, Minggu (24/7/2022).

Baca juga: Hari Bhakti ke-75 TNI AU, Lanud RSA Natuna Gelar Pengobatan Gratis dan Donor Darah

Masih dalam pengakuannya, Pemerintah Daerah Anambas telah berencana mempersiapkan dana melalui APBD-P untuk kembali mengikuti pertandingan tersebut.

Sudah mau kita usahakan untuk pakai anggaran APBD-P hanya waktunya belum pas, keburu pertandingan sudah dimulai dulu," jelasnya.

Diungkapkan olehnya, terjadinya pandemi Covid-19 turut menjadi satu dari sekian faktor pemangkasan sejumlah pos anggaran yang telah ditetapkan.

Sebelumnya pada rapat pembahasan anggaran, pihaknya menilai pelaksanaan Popda Kepri di Bintan akan tertunda seperti di Natuna sebelumnya, sehingga anggaran tersebut tidak ditetapkan sesuai kebutuhan.

"Tahun 2021 kan masih hangat juga itu Covid, hampir anggaran sejumlah daerah itu menipis. Kalau Tanjungpinang dan Bintan kan masih satu daratan. Kita ini beratnya diongkos transportasi dan akomodasi yang tidak mencukupi, jadi peninjauan kita oleh karena Covid-19 itu kemarin, Popda ini ditunda," sebutnya.

Asiah menegaskan, bila keadaan sudah stabil dan anggaran mencukupi pihaknya akan memastikan kepesertaan kontingen Anambas tampil pada Popda Kepri ke-IX ditahun selanjutnya.

"Ini baru kali pertama kita tidak ikut, Insya Allah jika keadaan sudah stabil dan anggaran mencukupi kita tidak akan mengundurkan diri lah," terangnya. (TRIBUNBATAM.id/Noven Simanjuntak)

 

Sumber: Tribun Batam
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved