Breaking News:

KESEHATAN

8 Makanan Ini Bantu Turunkan Kadar Gula Darah Tinggi, Ada Selai Kacang hingga Labu

Beberapa makanan, termasuk makanan tinggi gula tambahan dan karbohidrat olahan, dapat berkontribusi pada fluktuasi gula darah, yang lain dapat mengopt

TRIBUN JABAR/GANI KURNIAWAN
Ilustrasi - 8 makanan yang dapat membantu menurunkan kadar gula darah tinggi, wajib dicoba. 

TRIBUNBATAM.id - Bagi penderita pradiabetes, diabetes, atau kondisi lain yang dapat mempengaruhi gula darah, diet adalah jalan utama untuk menjaga kadar gula darah yang sehat. 

Meskipun faktor-faktor seperti berat badan, aktivitas sehari-hari, stres, dan genetika juga berperan dalam pemeliharaan gula darah, mengikuti diet sehat sangat penting untuk mengontrol gula darah

Beberapa makanan, termasuk makanan tinggi gula tambahan dan karbohidrat olahan, dapat berkontribusi pada fluktuasi gula darah, yang lain dapat mengoptimalkan kontrol gula darah sambil meningkatkan kesehatan secara keseluruhan. 

Memilih makanan indeks glikemik (GI) rendah adalah salah satu cara untuk membantu mengelola kondisi tersebut. 

Berikut adalah 8 makanan yang dapat membantu menurunkan kadar gula darah tinggi:

  • Brokoli dan kecambah brokoli

Melansir Healthline, sulforaphane adalah jenis isothiocyanate yang memiliki sifat penurun gula darah. 

Baca juga: Ampuh Menurunkan Gula Darah, Penderita Diabetes Coba 6 Minuman Sehat Ini

Baca juga: Rekomendasi 6 Olahraga yang Cocok bagi Penderita Diabetes, Mengurangi Komplikasi dan Gula Darah

Bahan kimia tanaman ini dihasilkan ketika brokoli dicincang atau dikunyah karena reaksi antara senyawa glukosinolat yang disebut glukoraphanin dan enzim myrosinase, yang keduanya terkonsentrasi di brokoli. 

Kecambah brokoli adalah sumber glukosinolat terkonsentrasi seperti glukoraphanin, dan mereka telah terbukti membantu meningkatkan sensitivitas insulin dan mengurangi kadar gula darah pada orang dengan diabetes tipe 2. 

  • Makanan Laut

Makanan laut, termasuk ikan dan kerang, menawarkan sumber protein, lemak sehat, vitamin, mineral, dan antioksidan yang berharga yang dapat membantu mengatur kadar gula darah.

Protein sangat penting untuk mengontrol gula darah. Ini dapat membantu memperlambat pencernaan dan mencegah lonjakan gula darah setelah makan, serta meningkatkan perasaan kenyang. 

Halaman
1234
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved