Breaking News:

PUBLIC SERVICE

PNS dan PPPK Wajib Punya Kartu ASN Virtual, Cek Cara Download dan Cetaknya

Kartu ASN Virtual merupakan pengganti kartu fisik ASN untuk mempermudah pelayanan data ASN. Cek cara login, downloand dan cetaknya.

Instagram@bkngoidofficial
BKN merilis Kartu ASN Virtual yang menggantikan kartu fisik lama. PNS wajib memiliki dan mendownload kartu ini, simak caranya. 

TRIBUNBATAM.id - Para Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) kini wajib memiliki Kartu ASN (kartu Aparatur Sipil Negara) virtual.

Fungsi kartu ASN Virtual untuk mempermudah pelayanan data ASN.

Artinya, jika ada perbaikan data atau pembaruan (update) data ASN, tidak perlu lagi mengusulkan untuk pencetakan ulang Kartu Pegawai Negeri Sipil.

Cara download dan link Kartu ASN virtual bisa melalui di https://mysapk.bkn.go.id.

Kepala Biro Humas, Hukum, dan Kerja Sama Badan Kepegawaian Negara (BKN) Satya Pratama mengatakan kartu ASN Virtual adalah kartu identitas elektronik yang diberikan oleh Badan Kepegawaian Negara (BKN) bagi aparatur sipil negara (ASN) untuk mempermudah pelayanan data ASN.

Kehadiran kartu ASN Virtual tersebut, imbuhnya, sebagai pengganti kartu fisik.

Selain itu, jika Kartu PNS fisik rusak/hilang maka semua PNS/PPPK yang sudah memiliki Terhitung Mulai Tanggal (TMT) PNS dan Tanggal Awal Kontrak PPPK tidak perlu lagi meminta instansi untuk mengusulkan pembuatan kartunya.

Sebab, pembuatan kartu langsung bisa didapatkan di MYSAPK.

"Otomatis langsung mendapatkan kartu ASN Virtual tidak melalui usulan dari instansinya dulu," ujar Satya.

Kartu ASN Virtual sebagai pengganti kartu fisik, dan peluncurannya sudah sejak 21 Juli 2022 pada Rakornas Kepegawaian BKN," ujar Satya kepada Kompas.com, Senin (25/7/2022).

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved