Breaking News:

KESEHATAN

Kupas Tuntas ASI Ekslusif, Penanganan dan Manfaatnya Bersama Suratin Str.keb

Pemberian Air Susu Ibu (ASI) secara eksklusif menunjang pertumbuhan anak. Simak ulasan cara penanganan dan manfaat ASI bersama ahlinya.

Penulis: Aminudin | Editor: Rimna Sari Bangun
Mommylovely
Ilustrasi menyusui. Menyusui merupakan proses alamiah yang dilakukan seorang wanita kepada buah hatinya yang masih bayi untuk tumbuh kembangnya. 

TRIBUNBATAM.id, BATAM - Simak cara benar dan tepat pemberian ASI eksklusif kepada bayi bersama Suratin Str.keb, dari Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Batam, Kepulauan Riau.

Seperti diketahui, menyusui merupakan proses alamiah yang dilakukan seorang wanita kepada buah hatinya yang masih bayi.

Dalam menyusui tersebut, ada namanya pemberian Air Susu Ibu (ASI) yang secara eksklusif dapat diberikan kepada si kecil untuk menunjang pertumbuhannya.

Suratin Str.keb, ahli kebidanan dari Dinkes batam go id mengatakan, ASI eksklusif merupakan ASI yang diberikan sejak bayi lahir sampai berusia enam bulan tanpa tambahan makanan apapun kecuali obat.

"Dalam proses pemberian ASI eksklusif ini, begitu bayi lahir dilakukan IMD, inisiasi menyusu dini," ucap Suratin Str.keb yang disampaikan saat kegiatan wisuda ASI eksklusif di Kelurahan Tanjung Piayu, Kota Batam, Selasa (26/7/2022).

Suratin mengatakan setiap wanita hamil pada saat persalinan disarankan untuk meminta bidan yang menanganinya di rumah sakit atau rumah bidan untuk melakukan Inisiasi Menyusu Dini (IMD).

"Kenapa harus meminta dilakukan IMD, tujuannya karena disitu ada proses pertama isap bayi maksimal, proses itu akan menentukan keberhasilan pemberian ASI eksklusif. Dengan adanya isapan bayi itu akan merangsang hormon dari ibu untuk menghasilkan, memproduksi ASI,"katanya.

Baca juga: KUPAS TUNTAS Penyakit Asam Urat: Penyebab, Gejala dan Tips Mengatasinya ala dr Josefina Junizar

Baca juga: 7 Cara Menurunkan Tekanan Darah Tinggi secara Alami Tanpa Obat-obatan

Tujuan lain inisiasi menyusu dini , seorang wanita dapat melupakan sejenak trauma selama proses persalinan.

"Mulai dari rasa sakit saat persalinan, bisa segera terlupakan saat melakukan IMD,"ucapnya.

Pentingnya juga IMD adalah agar bayi mendapatkan manfaat kolostrum, zat dalam ASI yang akan pertama kali didapatkan bayi.

Halaman
123
Sumber: Tribun Batam
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved