Breaking News:

BINTAN TERKINI

179 Ekor Sapi di Bintan sudah Divaksin PMK Tahap Dua, Paling Banyak di Toapaya

Ada 179 ekor sapi di Bintan yang sudah mendapat suntik vaksin PMK dosis kedua pada awal September lalu. Masih tersisa 52 ekor lagi yang belum

Penulis: Alfandi Simamora | Editor: Dewi Haryati
tribunbatam.id/Alfandi Simamora
Satgas PMK Bintan saat melakukan vaksinasi PMK tahap dua ke sapi di Jalan Musi Kelurahan Sei Lekop, Kecamatan Timur, Kamis (1/9/2022) 

BINTAN, TRIBUNBINTAN.com - Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) Kabupaten Bintan kembali melaksanakan vaksinasi PMK tahap kedua terhadap 179 ekor sapi di Kabupaten Bintan.

Pejabat Otoritas Veteriner Kabupaten Bintan, drh. Iwan Berri Prima menuturkan, vaksinasi PMK tahap kedua ini dilakukan sebagai tindaklanjut dari vaksinasi PMK tahap pertama.

Saat itu vaksinasi pertama digelar pada awal Agustus 2022 lalu.

Adapun jumlah target hewan yang divaksinasi pada tahap kedua ini, jumlahnya sama dengan jumlah hewan yang divaksinasi pada tahap pertama.

"Hanya saja untuk vaksinasi pada tanggal 1 September 2022 kemarin, pelaksanaan vaksinasi baru di lima kecamatan," tuturnya.

Rinciannya di Kecamatan Gunung Kijang sebanyak 34 ekor, Bintan Timur sebanyak 40 ekor, Toapaya sebanyak 90 ekor, Teluk Sebong sebanyak tujuh ekor dan Teluk Bintan sebanyak delapan ekor.

"Jadi totalnya keseluruhan sebanyak 179 ekor sapi di Bintan sudah divaksin PMK tahap kedua," terangnya.

Baca juga: Cegah PMK, Ratusan Hewan Ternak Sapi di Bintan Mulai Dapat Vaksin

Sementara itu untuk sapi di Kecamatan Bintan Utara dan Kecamatan Seri Kuala Lobam akan dilakukan vaksinasi tahap kedua dalam waktu dekat ini.

Total hewan sapi yang akan divaksinasi kedua di dua lokasi itu sebanyak 52 ekor.

"Jadi belum semua sapi divaksin PMK tahap kedua pada tanggal 1 September 2022 kemarin," ungkapnya.

Iwan Berri Prima menambahkan, kegiatan vaksinasi PMK tahap kedua ini melibatkan tiga orang dokter hewan, dan 13 orang vaksinator dari Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Bintan, serta tim dari anggota Satgas PMK Kabupaten Bintan.

Baca juga: Pulau Bintan Waspada PMK, Satgas Klaim 100 Persen Ternak Sudah Dapat Vaksin

Adapun merek vaksin yang digunakan masih menggunakan merek Aftopor (negara pembuat Perancis) dengan dosis untuk hewan sapi sebanyak 2 ml per ekor.

"Semoga dengan vaksinasi PMK ini akan semakin meningkatkan kekebalan tubuh hewan ternak kita dan daerah Bintan tetap dinyatakan sebagai daerah zona hijau atau daerah bebas PMK pada hewan ternak," harapnya. (tribunbatam.id/Alfandi Simamora)

Baca juga Berita Tribun Batam lainnya di Google

Sumber: Tribun Batam
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved