Breaking News:

Dosen Universitas Batam Latih Kembangkan Usaha Pengrajin Batu Besar Nongsa

Sejumlah dosen Universitas Batam melaksanakan Pengandian Kepada Masyarakat (PKM) kepada pengrajin Batu Besar di Kecamatan Nongsa.

ist
Ibu Dr. Ir. Yuanita FD Sidabutar, ST.,M.Si, Ibu Malahayati Rusli Bintang. BSc. MPH dan Bapak Raymond, SE., M.Sc sedang melakukan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) kepada pengrajin Batu Besar, Kecamatan Nongsa. 

Pengembangan Media Pemasaran, Manajemen K3 Dan Kewirausahaan Tingkatkan Kinerja Kelompok Pengrajin Batu Besar Kota Batam

BATAM, TRIBUNBATAM.id - Tugas utama seorang dosen adalah menjalankan Tri Darma Perguruan Tinggi, selain pengajaran dan penelitian.

Setiap dosen juga dituntut untuk melaksanan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) untuk mengaplikasikan ilmu pengetahuan serta memberikan manfaat langsung kepada masyarakat dari ilmu pengetahuan yang dikembangkan di lingkungan perguruan tinggi.

Hal ini sesuai dengan Visi Universitas Batam yaitu Menjadi Universitas berstandar Internasional dalam sistem, program, kegiatan, sumber daya dan lulusan yang profesioanal mampu mengikuti perkembangan IPTEKS.

Serta dapat bersaing dalam memenuhi sumber daya manusia yang bermutu dan berakhlak mulia.

Salah satu bentuk program pengabdian yang dilakukan dosen Universitas Batam adalah memberikan pelatihan Pengembangan media pemasaran, manajemen keselamatan kesehatan kerja dan peningkatan kewirausahaan pada kelompok pengrajin Batu Besar Kota Batam.

Baca juga: Dekan Fakultas Hukum UNIBA: ex-Officio Melekat pada Jabatan, Bukan Nama Pribadi Seseorang

Program ini digagas oleh Ibu Dr. Ir. Yuanita FD Sidabutar, ST.,M.Si, Ibu Malahayati Rusli Bintang. BSc. MPH dan Bapak Raymond, SE., M.Sc       .

Program pengabdian kepada masyarakat ini didasarkan oleh Kota Batam yang merupakan salah satu daerah dengan jumlah kunjungan wisatawan terbesar di Indonesia.

Serta salah tujuan wisatawan berkunjung ke kota Batam selain menikmati objek wisata adalah berbelanja berbagai produk kerajinan tangan.

Dengan kondisi tersebut menjadi peluang besar bagi UKM maupun kelompok uaha di Kota Batam untuk meningkatkan pendapatan melalui penjualan produk kerajinan tangan.

Salah satu kelompok yang ingin menggapai peluang tersebut adalah kelompok pengrajin Batu Besar Kota Batam, prospek penjual produk dari kelompok pengrajin ini cukup tinggi mengingat tingginya kunjungan wisatawan ke kota Batam.

Baca juga: Jalin Kerja Sama Perpajakan, DJP Kepri dan Uniba Bentuk Tax Center

Namun dengan berbagai permasalahan yang dihadapi saat ini, terlebih dengan mewabahnya virus corona pada awal tahun 2020 menyebabkan tingkat kunjungan wisatawan menjadi berkurang.

Kelompok pengrajin yang berada di salah satu sudut kota Batam ini pun merasakan dampaknya.

Hal ini mengakibatkan kelompok pengrajin mengalami kesulitan dalam memasarkan produk yang mereka hasilkan.

Untuk itu dengan Program pengabdian kepada masyarakat ini Tim dosen Universitas Batam mencoba membantu permasalahan kelompok pengrajin Batu Besar Kota Batam dengan membantu memperluas pangsa pasar bagi produk bagi kelompok pengrajin.

Baca juga: UNIBA Gelar Webinar Refleksi Hari Pahlawan

Dengan memberikan pelatihan Pengembangan media pemasaran, manajemen keselamatan kesehatan kerja dan peningkatan kewirausahaan

Program pengabdian kepada masyarakat yang digagas sejak Juni 2022 ini merupakan  kerja sama dengan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi diharapkan program ini mampu membantu memecahkan berbagai permasalahan  kelompok  pengrajin.

Serta mampu meningkatnya keahlian dan keterampilan dalam memasarkan produk hasil kerajinan tangan yang dihasailkan oleh kelompok pengrajin batu besar kota Batam.(*/TribunBatam.id)

Baca juga Berita TribunBatam.id lainnya di Google

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved