Breaking News:

Tanjungpinang Kini Punya Lima Kampung Bersih Narkoba, Sebelumnya Hanya Tiga

Sebelumnya hanya ada tiga Kampung Bersinar--Bersih Narkoba di Tanjungpinang yang diinisiasi BNN Kota. Sekarang jadi lima

Penulis: Rahma Tika | Editor: Dewi Haryati
tribunbatam.id/Noven Simanjuntak
Foto Kepala DP3APM Kota Tanjungpinang Rustam. Tanjungpinang kini punya lima kelurahan kampung bersinar--bersih dari narkoba 

TANJUNGPINANG, TRIBUNBATAM.id - Lima kelurahan di Kota Tanjungpinang kini ditetapkan sebagai Kampung Bersih dari narkoba atau Kampung Bersinar.

Sebelumnya hanya ada tiga Kampung Bersinar di Tanjungpinang yang telah diinisiasi oleh Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota. Yakni di Kelurahan Sei Jang, Melayu Kota Piring, dan Kampung Bugis.

"Kita bekerja sama dengan BNN Kota menambah dua lagi Kampung Bersinar di Kelurahan Batu IX dan Kelurahan Bukit Cermin. Jadi totalnya saat ini ada lima Kampung Bersinar, kita berharap secara bertahap seluruh kelurahan menjadi Kampung Bersinar," ujar Kepala DP3APM Kota Tanjungpinang Rustam, Minggu (30/10/2022).

Rustam mengatakan, untuk menjadikan suatu kampung bebas dari narkoba tentu perlu adanya penyuluhan kepada relawan di kelurahan tersebut.

Relawan ini biasanya tokoh masyarakat, tokoh agama, ketua RT/RW, maupun Bhabinkamtimbas.

Baca juga: Tanjungriau Jadi Kampung Tangguh Bersih Narkoba di Batam

“Penyuluhan ini sebagai bentuk partisipasi DP3APM untuk menjadikan Kota Tanjungpinang tanggap terhadap ancaman narkotika,” jelasnya.

Menurutnya, sesuai dengan Instruksi Presiden Nomor 2 tahun 2020 tentang rencana aksi nasional pencegahan dan pemberantasan penyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika, ada empat elemen dalam mewujudkan kota kabupaten tanggap ancaman narkoba (KOTAN).

Keempat elemen di antaranya peningkatan ketahanan keluarga, ketahanan masyarakat, ketahanan wilayah, dan ketahanan kelembagaan.

"Kami coba berpartisipasi untuk meningkatkan pemahaman masyarakat terhadap ancaman narkoba ini dengan meningkatkan kapasitas mereka agar kelurahan bersih dari narkoba itu dapat diwujudkan," kata Rustam.

Baru - baru ini, Rustam menyampaikan sudah memberikan penyuluhan kepada relawan yang ada di Kelurahan Batu IX dan Bukit Cermin.

Sebab dua kampung ini baru saja masuk dalam Kampung Bersinar.

"Jadi mereka diharapkan jadi relawan anti narkoba, termasuk melakukan sosialisasi kepada masyarakat, mendeteksi secara dini orang-orang yang mungkin punya indikasi, bahkan pembinaan dan juga mendukung untuk pengobatan, mereka bisa merujuk institusi atau klinik menangani penyalahgunaan narkoba," tuturnya.

Baca juga: Pegawai dan Staf Kejaksaan Negeri Batam Ikut Tes Urine, Cegah Penyalahgunaan Narkoba

Sementara itu, Asisten Pemerintahan dan Kesra Pemko Tanjungpinang, Tengku Dahlan mengatakan, Pemko Tanjungpinang sangat berkomitmen dengan usaha pencegahan penyalahgunaan peredaran narkotika.

Berbagai usaha telah dilakukan dengan membentuk tim Sagtas P4GN Kota Tanjungpinang yang bekerja sama dengan Polresta Tanjungpinang dan BNNK Tanjungpinang.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved