Breaking News:

KESEHATAN

Jangan Lakukan 4 Pola Makan Ini Bagi yang Berusia di Atas 50 Tahun

Menjaga gaya hidup sehat dan pola makan sangat penting bagi orang yang berusia 50 tahun ke atas agar terhindar dari penyakit

Kompas.com
Memasuki usia senja, ada baiknya mengatur pola makan yang sehat agar tidak terjangkit penyakit. Foto ilustrasi. 

TRIBUNBATAM.id - Memasuki usia 50 tahun ke atas, menjaga kesehatan menjadi poin utama.

Pasalnya seiring bertambahnya usia, apalagi 50 tahun ke atas potensi untuk terjangkit penyakit sangat tinggi.  

Rutin menjalankan hidup sehat dan menjaga pola makan sangatlah penting.

Mengutip Eat This, Para ahli menyebutkan, ada risiko penyakit yang berpotensi timbul pada individu berusia di atas 50 tahun. 

"Tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi, diabetes tipe 2, divertikulosis (pembengkakan di saluran pencernaan), dan osteoporosis adalah beberapa masalah yang lebih umum setelah usia 50 tahun," kata ahli diet Melissa Rifkin, yang berbasis di New York, Amerika Serikat. 

"Masing-masing kondisi ini mungkin memiliki faktor keturunan, namun gaya hidup termasuk pilihan makanan bisa memengaruhi perkembangan penyakit," ungkap ahli nutrisi diet Sydney Greene. 

"Dengan bertambahnya usia, ada risiko patah tulang dan kekakuan tulang yang lebih tinggi. Itu sebabnya, kita perlu meningkatkan kebutuhan nutrisi pendukung tulang seperti kalsium dan vitamin D," ujar Greene.

Baca juga: Tetap Sehat di Usia 50 Tahun, Ini Daftar Makanan yang Harus Dikonsumsi

Baca juga: 4 Cara Memperlambat Kerutan atau Keriput pada Wajah Menurut Pakar Kulit

Usia yang semakin menua, Greene menambahkan, juga membuat Anda kehilangan kemampuan untuk menyerap vitamin B12. Alhasil, Anda memerlukan vitamin tersebut dari konsumsi suplemen atau makanan hewani. 

National Institutes of Health menyatakan, kekurangan vitamin B12 akan menyebabkan kelelahan, jantung berdebar, kehilangan nafsu makan, penurunan berat badan, dan infertilitas. 

Christopher Mohr, konsultan co-owner Mohr Results, berpandangan, kebanyakan orang dewasa tidak memenuhi asupan serat mereka. Hal ini bisa berdampak negatif terhadap kondisi kesehatan. 

"Serat adalah pahlawan tanpa tanda jasa dalam nutrisi, tetapi penelitian menunjukkan orang dewasa mengonsumsi kurang dari 50 persen serat harian yang direkomendasikan," kata dia. 

"Beruntung, hal ini bisa diperbaiki dan tidak memerlukan diet atau berhenti makan," imbuhnya.

Hanya, ada setidaknya empat pola makan "terlarang" yang wajib dihindari oleh mereka yang sudah berusia 50 tahun ke atas: 

  • Jarang minum air putih 

"Seiring bertambahnya usia, mekanisme rasa haus kita menjadi kurang efektif, akibatnya tubuh tidak memunculkan isyarat untuk meminum cairan," ungkap Rifkin. 

Halaman
123
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved