Breaking News:

PEMKO BATAM

Walikota Batam Muhammad Rudi Apresiasi Peran Guru Dalam Membangun Negara

Lewat hari guru nasional, Walikota Batam Muhammad Rudi mengapresiasi peran guru dalam kontribusinya membangun Negara.

TribunBatam.id/Dok Diskominfo Batam
Walikota Batam Muhammad Rudi saat memperingati Hari Guru Nasional tingkat Kota Batam, Jumat (25/11/2022). 

BATAM, TRIBUNBATAM.id - Wali Kota Batam, Muhammad Rudi mengajak semua pihak mengenang jasa para guru saat peringatan hari guru nasional.

Menurut Walikota Batam itu, keberadaan seorang guru sangat penting untuk masa depan bangsa.

“Tidak akan berakhir tugas seorang guru, negara hebat karena ada guru yang hebat,” kata Walikota Batam Muhammad Rudi saat memperingati Hari Guru Nasional tingkat Kota Batam, Jumat (25/11/2022).

Ia mengatakan, bagi para guru untuk terus mengabdikan diri mencerdaskan anak bangsa.

“Berikan terbaik untuk masa depan anak bangsa,” katanya.

Baca juga: Hari Guru Nasional, Bupati Natuna Sebut Peran Pengajar Tak Dapat Diganti Teknologi

Pria yang juga menjabat sebagai Kepala BP Batam itu juga menyampaikan sambutan langsung dari Mendikbud.

Dalam sambutannya, menteri menyampaikan bahwa tiga tahun yang lalu, Indonesia melepas jangkar dan membentangkan layar kapal besar bernama Merdeka Belajar.

Ribuan pulau dari Sabang hingga Merauke sudah kita lewati, laut dengan ombak tinggi dan angin kencang sudah kita hadapi.

Ketangguhan ini didorong oleh kemauan kita untuk berubah, meninggalkan kebiasaan-kebiasaan lama yang tidak lagi sesuai dengan tantangan dan kebutuhan zaman.

Hal ini juga didorong oleh semangat untuk terus berinovasi, menciptakan perubahan dan kebaruan yang membawa kita melompat ke masa depan.

Baca juga: Gubernur Kepri di Batam Buka Gerak Jalan Santai Hari Guru Nasional 2022

“Mungkin diantara kita sampai hari ini masih ada yang ragu untuk melakukan perubahan dalam proses pembelajaran di kelas atau dalam menjalankan tugas sebagai pemimpin satuan pendidikan. Memang, pada dasarnya tidak ada perubahan yang membuat kita nyaman. Jika masih nyaman, itu artinya kita tidak berubah,” ujarnya.

Sebenarnya, bukan hanya guru yang terus didorong untuk berubah, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) juga memacu diri untuk berinovasi, mengubah cara pandang dan cara kerja kami dalam memberikan layanan terbaik bagi pendidik dan peserta didik.

“Platform Merdeka Mengajar yang kami luncurkan pada awal tahun ini, sepenuhnya kami rancang untuk memenuhi kebutuhan guru akan ruang untuk belajar, berkarya, dan berkolaborasi. Platform tersebut kami buat berdasarkan kebutuhan yang ada di lapangan, bukan berdasarkan keinginan kami. Ini adalah perubahan besar cara kerja pemerintahan dalam melayani masyarakat,” katanya.

Dalam Platform Merdeka Mengajar, guru bisa mengakses modul pembelajaran dengan gratis, mengunggah dan membagikan konten-konten praktik baik pembelajaran, dan terkoneksi dengan rekan sesama guru dari daerah lain.

Baca juga: Peringati Hari Guru Nasional, Sekolah Islam Hang Tuah Batam Beri Penghargaan Bagi Guru Berprestasi

Halaman
123
Sumber: Tribun Batam
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved