Donald Trump Puji Tindakan Duterte dalam Memerangi Narkoba di Filipina

Polisi Filipina mengatakan, sepertiga dari jumlah korban itu ditembak para aparat untuk membela diri saat menjalankan operasi-operasi resmi

Donald Trump Puji Tindakan Duterte dalam Memerangi Narkoba di Filipina
KOMPAS.com/AP PHOTO
Presiden AS Donald Trump 

BATAM.TRIBUNNEWS.COM, MANILA - Presiden Amerika Serikat Donald Trump memuji Presiden Filipina Rodrigo Duterte atas pekerjaan hebat yang diambil dalam memberantas narkoba ketika berbicara per telepon bulan lalu.

Berita itu dirilis New York Times, yang mengutip salinan pembicaraan Trump dan Duterte, Rabu (24/5/2017).

Kedua pemimpin juga menyingung masalah Korea Utara (Korut) dan potensi pengaruh China di kawasan, sambil mengutip bagian salinan pembicaraan pada 29 April 2017 oleh Manila.

Salinan itu dikeluarkan pada Selasa (23/5/2017) di dalam lembaran bersampul rahasia oleh divisi Amerika Serika pada Departemen Luar Negeri Filipina di Manila.

Baca: Demi Filipina, Saya Akan Keras Melawan Terorisme, Kata Duterte

Baca: Terjadi Baku Tembak, Duterte Berlakukan Status Darurat Militer di Mindanao

NYT mengatakan seorang pejabat senior Trump di Washington DC, yang tidak berwenang merilis informas itu dan meminta agar jati dirinya dirahasiakan, membenarkan bahwa transkrip tersebut merupakan salinan akurat pembicaraan telepon tersebut.

Hampir 9.000 orang, yang kebanyakan di antaranya adalah pengguna dan pengedar narkoba, terbunuh di Filipina sejak Duterte mulai menjabat sebagai Presiden pada 30 Juni 2016.

Polisi Filipina mengatakan, sepertiga dari jumlah korban itu ditembak para aparat untuk membela diri saat menjalankan operasi-operasi resmi.

Ribuan orang berunjuk rasa di Brussels, Belgia, pada Rabu (24/5/2017), untuk menentang kunjungan Presiden Donald Trump ke negara itu.
Ribuan orang berunjuk rasa di Brussels, Belgia, pada Rabu (24/5/2017), untuk menentang kunjungan Presiden Donald Trump ke negara itu. (ERIC FEFERBERG)

Baca: Donald Trump Disambut Unjuk Rasa Saat Datang ke Belgia. Ini yang Terjadi

Halaman
123
Editor: nandrson
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved