BATAM TERKINI

Soal Uang Jaminan 10 Persen Bagi Investor, Begini Jawaban BP Batam

Direktur Humas dan Promosi BP Batam, Purnomo Andiantono, mengakui jika ada investor yang keberatan terkait penerbitan Perka Nomor 10 Tahun 2017.

Soal Uang Jaminan 10 Persen Bagi Investor, Begini Jawaban BP Batam
dok Tribunnews
Lahan tidur. Foto ilustrasi 

BATAM.TRIBUNNEWS.COM, BATAM - Direktur Humas dan Promosi BP (Badan Pengusahaan) Batam, Purnomo Andiantono, mengakui jika saat ini ada sejumlah investor yang keberatan terkait penerbitan Perka Nomor 10 Tahun 2017.

Menurut dia, pengaturan seperti kewajiban investor memberikan jaminan 10 persen atas investasinya tersebut dimaksudkan untuk memberikan jaminan agar alokasi lahan yang diberikan segera direalisasikan sebagaimana pengajuannya.

"Ini sifatnya jaminan agar lahan yang dialokasikan benar-benar segera diwujudkan. Dulu kan banyak kejadian, sudah diberi lahan, tapi bertahun-tahun dibiarkan. Mungkin menunggu harga tanah naik, dan sebagainya," kata Andi kepada Tribun, Minggu (1/10/2017).

Selain itu, jaminan 10 persen dari nilai investasi itu, sifatnya tidak hilang. Nanti jika investasi telah direalisasikan maka jaminan akan dikembalikan.

Andi juga mengatakan, jaminan 10 persen itu diberlakukan secara umum. Akan tetapi, juga tidak berlaku "harga mati" bagi investor lama dan memenuhi kriteria tertentu dalam kredibilitas rekam jejaknya.

"Memang ada yang keberatan. Itu tentu juga akan dipertimbangkan. Ada semacam kebijakan khusus. Tapi untuk investor baru yang masuk, jaminan 10 persen harus dipenuhi," katanya.

Baca: Kini Agunkan Rumah ke Bank Tak Cukup Izin Istri. Harus Lampirkan Izin dari BP Batam

Baca: Proyek tak Selesai Sesuai Deadline, Uang Jaminan Milik BP Batam. Cahya: Apa Tak Keterlaluan?

Baca: Pengusaha Resah, Bangun Lahan Wajib Setor Jaminan. Nilainya Bisa Triliunan Rupiah!

Pertimbangan khusus juga berlaku untuk investor yang melakukan perpanjangan setelah berakhirnya masa sewa 30 tahun.

Halaman
12
Penulis: Purwoko
Editor: Tri Indaryani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help