BPJS Kesehatan Tegaskan Tetap Tanggung Biaya Persalinan, Operasi Katarak, dan Rehabilitasi Medik

BPJS Kesehatan tetap akan menjamin pelayanan kesehatan katarak, fisioterapi dan bayi baru lahir.

BPJS Kesehatan Tegaskan Tetap Tanggung Biaya Persalinan, Operasi Katarak, dan Rehabilitasi Medik
KOMPAS.com / Ramdhan Triyadi Bempah
Petugas BPJS Kesehatan Kabupaten Bogor sedang melayani seorang warga yang sedang mengurus kartu BPJS Kesehatan, di kantor BPJS Kesehatan Kabupaten Bogor, Cibinong, Bogor, Jawa Barat, Jumat (24/11/2017). 

TRIBUNBATAM.id, TANJUNGPINANG- BPJS Kesehatan Cabang Tanjungpinang  akan menerapkan implementasi beberapa peraturan Direktur Jaminan Pelayanan Kesehatan.

Peraturan itu mencakupi Peraturan Direktur Jaminan Pelayanan Kesehatan Nomor 2 Tahun 2018 Tentang Penjaminan Pelayanan Katarak Dalam Program Jaminan Kesehatan, Peraturan Direktur Jaminan Pelayanan Kesehatan Nomor 3 Tahun 2018 Tentang Penjaminan Pelayanan Persalinan Dengan Bayi Lahir Sehat, dan Peraturan Direktur Jaminan Pelayanan Kesehatan Nomor 5 Tahun 2018 Tentang Penjaminan Pelayanan Rehabilitasi Medik.

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Tanjungpinang dokter Lenny Marlina Manalu menegaskan berlakunya Peraturan Direktur Jaminan Pelayanan untuk tidak disalahartikan.

BPJS Kesehatan tetap akan menjamin pelayanan kesehatan katarak, fisioterapi dan bayi baru lahir. Pelayanan kesehatan tersebut tidak diberhentikan atau dicabut.

Baca: Begini Jurus Pemerintah Tangani Defisit Anggaran BPJS Kesehatan

Baca: BPJS Kesehatan Defisit Lagi, Sri Mulyani Minta BPKP Audit Semua Klaim 6 Bulan Terakhir

Baca: Pegawai BPJS Kesehatan Donor Darah ke PMI Pinang, Ini Harapan PMI

"Jadi tidak benar ada penghentian penjaminan pelayanan terhadap tiga hal itu. Kami tegaskan, semua pelayanan itu tetap dijamin oleh skema JKN-KIS," jelas Lenny meneruskan pernyataan Kepala Humas BPJS Kesehatan Nopi Hidayat, Senin (30/7/2018) pagi.

Lenny menegaskan, peraturan direktur itu dimaksudkan untuk mengoptimalkan mutu pelayanan dan efektivitas penjaminan kesehatan.

Peraturan tersebut sama sekali tidak menghapuskan penjaminan pelayanan, misalnya menghapuskan penjaminan pelayanan katarak atau menghapuskan penjaminan pelayanan rehabilitasi medik. 

Dengan peraturan baru ini, tiga hal yang harus dipahami adalah:

1. Katarak

Dia menjelaskan, dalam peraturan mengenai pelayanan katarak, BPJS Kesehatan akan menjamin pelayanan operasi katarak.

Halaman
123
Penulis: Thom Limahekin
Editor: Sri Murni
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help