Anambas Terkini

Pemilih Pemilu di Kecamatan Palmatak Terbanyak. Jumlahnya Ternyata Ribuan

Kecamatan Palmatak menjadi kecamatan dengan Daftar Pemilih Tetap (DPT) terbanyak dengan jumlah 8.464 orang serta 42 Tempat Pemungutan Suara (TPS).

Pemilih Pemilu di Kecamatan Palmatak Terbanyak. Jumlahnya Ternyata Ribuan
Tribun Batam/Argianto DA Nugroho
Foto Ilustrasi. Petugas KPU Kota Batam menunjukkan Daftar Pemilih Sementara (DPS) yang berisikan ribuan nama dengan alamat yang sama di Kantor KPUD Kota Batam, Senin (18/11/2013). 

TRIBUNBATAM.id, ANAMBAS - Kecamatan Palmatak menjadi kecamatan dengan Daftar Pemilih Tetap (DPT) terbanyak dengan jumlah 8.464 orang serta 42 Tempat Pemungutan Suara (TPS).

Ketua Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Kepulauan Anambas, Jufri Budi mengatakan, selain itu terdapat Kecamatan Jemaja Timur dengan total pemilih paling sedikit dengan jumlah 1.836 orang pemilih dengan 11 TPS.

Baca: KPU Batam Hapus 4560 Data Pemilih, Bawaslu Sebut DPTb Khusus Untuk Pendatang

Baca: Pemilu 2019 di Anambas, Pemilih Terbanyak di Palmatak. DPT Jemaja Timur Paling Sedikit

Baca: Tercatat 126 Penghuni Rutan Pinang Asli Tanjungpinang, Terungkap di DPT Pilwako!

Besaran angka ini pun, telah diplenokan secara terbuka di kantor KPU Kabupaten Kepulauan Anambas sekitar pukul 11.00 WIB.

"Secara keseluruhan, terdapat 30.478 orang pemilih,
dengan estimasi pemilih laki-laki sebanyak 15.702 orang dan pemilih perempuan sebanyak 14.776 orang," ujarnya Senin (20/8/2018).

Ia kemudian merincikan jumlah DPT di Kecamatan Siantan berjumlah 7.898 orang dengan jumlah 37 TPS, Kecamatan Siantan Timur dengan 2.825 orang dengan jumlah TPS sebanyak 13 tempat.

Kemudian, Kecamatan Jemaja dengan jumlah DPT sebanyak 4.749 orang dengan jumlah TPS sebanyak 25 lokasi, Kecamatan Siantan Tengah 6 dengan Jumlah DPT 2154 orang Jumlah TPS 11 di enam desa. Serta Kecamatan Siantan Selatan Jumlah DPT 2552 orang dengan jumlah TPS 13 lokasi.

Jufri mengatakan, sebelum melaksanakan rapat pleno, terdapat proses yang haru dilalui mulai dari tingkat desa maupun kecamatan.

"Dari data yang dihimpun tersebut, kemudian dilakukan rapat pleno terbuka tentang Rekapitulasi Perbaikan Daftar Pemilih Sementara Hasil Perbaikan (DPSHP) dan Penetapan Daftar Pemilih Tetap Pemilihan Umum tahun 2019 tingkat Kabupaten," ungkapnya.

Ia mengatakan untuk jumlah DPTetap di dapil I di tiga kecamatan masing-masing Kecamatan Siantan, Kecamatan Siantan Timur dan Siantan Selatan mencapai 13.275 orang di 63 TPS dengan memperebutan sembilan kursi di legislatif.

Kemudian untuk keseluruhan jumlah DPT di dapil dua masing-masing Kecamatan Palmatak dan Kecamatan Siantan Tengah mencapai 10.618 orang dengan jumlah TPS mencapai 53 lokasi dengan memperebutan tujuh kursi di legislatif.

"Kemudian untuk Dapil III yang meliputi Kecamatan Jemaja dan Jemaja Timur memiliki jumlah DPT sebanyak 6.585 orang dengan jumlah TPS mencapai 34 lokasi. Untuk kuota kursi pada Dapil ini mencapai empat kursi di legislatif," ungkapnya. (*)

Penulis: Septyan Mulia Rohman
Editor: Ucu Rahman
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help