KARIMUN TERKINI

Masyarakat Tidak Perlu Khawatir, Rafiq Galakan Kembali Vaksin MR

"Tapi sekarang sudah mulai berjalan lagi. Kita kembali sosialisasikan dan telah berjalan dengan mencapai 22 persen," tambah Rafiq.

Masyarakat Tidak Perlu Khawatir, Rafiq Galakan Kembali Vaksin MR
tribun batam
Seorang murid mendapatkan imunisasi Measles dan Rubella (MR) di Sekolah Pelita Nusantara Tanjungpinang pada Rabu (1/8/2018). 

TRIBUNBATAM.id, KARIMUN-Bupati Karimun, Aunur Rafiq meminta masyarakat tidak perlu khawatir untuk memberikan anak-ankanya vaksin Measles (campak) dan Rubella atau yang dikenal dengan imunisasi MR.

Hal ini dikarenakan sudah adanya pengambilan sikap dari MUI mengenai memperbolehkan penggunannya. Adapun alasannya adalah karena belum adanya ditemukan pengganti lain dari vaksin MR.

"Setelah adanya debat antara MUI dan Kementerian, MUI mengambil sikap, membolehkan pemberian vaksin kerena hingga saat ini belum ada penggantinya. Sebelumnya karena belum ada kepastian secara akidah hukum Islam," kata Rafiq, Rabu (5/9/2018).

Baca: Sebuah Warnet Disinyalir Jadi Markas Komunitas Prostitusi. Ini Penjelasan Kepala Satpol PP

: Persija Tidak Mau Dipermalukan Selangor FA di Depan The Jak Mania, Evan Dimas Bakal Dikawal

Baca: 5 Games Android Terbaik Tahun 2018 yang Bisa Diunduh Secara Gratis

Memang sebelumnya sempat terjadi polemik mengenai kehalalan vaksin tersebut di segi syariat agama Islam. Bahkan program yang telah dilaksanakan pemberian vaksin MR di sekolah-sekolah sempat terhenti.

"Tapi sekarang sudah mulai berjalan lagi. Kita kembali sosialisasikan dan telah berjalan dengan mencapai 22 persen," tambah Rafiq.

Diakui Rafiq, keraguan masyarakat akan vaksin MR tersebut masih akan ada dan pemulihannya tidaklah gampang. Oleh karena itu tidak ada unsur paksaan terhadap masyarakat terkait pemberian vaksin ini.

"Tujuannya untuk kesehatan. Saya katakan, masyarakat tidak perlu khawatir dengan vaksin imunisasi ini," ujarnya. (ayf)

Penulis: Elhadif Putra
Editor: Zabur Anjasfianto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved