ANAMBAS TERKINI

Tangkap Kapal Ikan Asing, Perairan Anambas -Natuna Belum Bebas Ilegal Fishing

penenggelaman kapal yang diambil Pemerintah Republik Indonesia, nyatanya tak membuat jera kapal ikan asing mencuri ikan di perairan Indonesia.

Tangkap Kapal Ikan Asing, Perairan Anambas -Natuna Belum Bebas Ilegal Fishing
TRIBUNBATAM/ISTIMEWA
KRI Sutedi Senoputra - 378 saat menangkap KIA berbendera Vietnam di perairan Laut Natuna 

TRIBUNBATAM.id, ANAMBAS-‎Aksi pencurian ikan oleh kapal asing di perairan perbatasan Indonesia masih belum habis. Langkah tegas berupa penenggelaman kapal yang diambil Pemerintah Republik Indonesia, nyatanya tak membuat jera kapal ikan asing (KIA) mencuri ikan di perairan Indonesia.

Tangkapan KRI Sutedi Senoputra - 378 di dalam batas landas kontinen antara Indonesia dan Malaysia menjadi salah satu contohnya.

Kapal berbendera Vietnam ini akhirnya menyerah setelah sempat melawan ketika dilakukan pengejaran pada posisi enam nautical mile di dalam landas kontinen Indonesia Sabtu (22/9/2018) sekitar pukul 18.30 WIB.

Komandan KRI Sutedi Senoputra 378 Letkol Laut (P) Zulfahmi mengatakan, penangkapan kapal ikan asing ini berawal dari kontak kapal yang tertangkap radar dengan kecepatan dua knot saat melaksanakan operasi Malaka Sagara-18.

Komandan KRI Sutedi Senoputra 378 Letkol Laut (P) Zulfahmi Saat diwawancari wartawan
Komandan KRI Sutedi Senoputra 378 Letkol Laut (P) Zulfahmi Saat diwawancari wartawan (TRIBUNBATAM/ISTIMEWA)

Curiga dengan gerak gerik kapal, pihaknya pun akhirnya memutuskan untuk melakukan pemeriksaan dan penggeledahan kapal, terlebih saat tidak mendapat jawaban saat menggunakan radio kontak.

"Saat berusaha untuk didekati, kapal menambah kecepatan menjadi empat knot. Kapal itu juga melakukan gerakan berputar ‎dan membahayakan KRI. Sehingga, kami mengambil keputusan untuk melakukan tembakan peringatan sebanyak empat kali ke udara," ujarnya Minggu (23/9/2018).

Baca: Koordinator Sekretariat Bawaslu Anambas Diberhentikan, Agus Malah Tahu dari Grup WA

Baca: Potensi Diving di Anambas Bakal Bisa Sejajar dengan Raja Ampat. Ini Kelebihan Bawah Lautnya

Baca: Sulit Dapatkan Putusan Pengadilan, 11 ASN Anambas Tersandung Korupsi Akan Diberhentikan

Dari hasil pemeriksaan, kapal ikan asing itu tidak memiliki dokumen. Kapal berikut barang bukti selanjutnya dibawa ke Lanal Tarempa untuk diproses lebih lanjut. Diprediksi, kapal ikan asing masih melakukan pencurian ikan asing, khususnya di perairan Laut Natuna.

"Karena itu, kehadiran KRI di wilayah perairan Indonesia khususnya di perairan Laut Natuna Utara perlu untuk ditingkatkan," ungkapnya.

‎KRI Sutedi Senoputra (SSA) - 378 merupakan satuan kapal Ekscorta Komando Armada I yang melaksanakan Operasi Malaka Sagara-18 BKO Gugus Tempur Laut Komando Armada I. Satuan ini berada di bawah komando Laksamana Pertama TNI Irvansyah.(tyn)

Penulis: Septyan Mulia Rohman
Editor: Zabur Anjasfianto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved