Karimun Terkini

Imigrasi Karimun Launching Aplikasi Online Apopo. Pemohon Bisa Daftar Antrian dari Rumah

Masyarakat yang ingin membuat paspor akan semakin dipermudah. Hal ini dikarenakan para pemohon dapat mendaftarkan antrean di rumah ataupun dimana saja

Imigrasi Karimun Launching Aplikasi Online Apopo. Pemohon Bisa Daftar Antrian dari Rumah
Tribunbatam.id/Elhadif Putra
Pemohon melakukan perekaman paspor di Kantor Imigrasi Tanjungbalai Karimun, Jumat (18/1/2019). 

TRIBUNBATAM.id, KARIMUN - Masyarakat yang ingin membuat paspor akan semakin dipermudah. Hal ini dikarenakan para pemohon dapat mendaftarkan antrean di rumah ataupun dimana saja.

Tapi bukan menggunakan jasa calo. Namun masyarakat bisa mendaftar permohonan penerbitan baru ataupun memperpanjang masa aktif paspor melalui ponselnya masing-masing tanpa dibatasi waktu.

Dimana kemudahan tersebut adalah para pemohon dapat mendaftarkan antrean menggunakan Aplikasi Pendaftaran Antrian Paspor Secara Online (Apapo).

Kepala Seksi Lalulintas Keimigrasian Kelas II Tanjungbalai Karimun, Kristian mengatakan Apapo dapat diakses melalui website dan ponsel berbasis android. Bagi masyarakat pengguna android dapat mendownloadnya melalui playstore.

Dalam penerapannya, setelah didownload dan diinstal, pemohon kemudian melakukan pendaftaran. Selanjutnya pemohon dapat mengisi nomor antrian sesuai Kantor Imigrasi tempatnya membuat paspor.

"Namanya Aplikasi Pendaftaran Antrian Paspor Secara Online atau Apapo," kata Kristian, Jumat (18/1/2019) sore.

Kakanwil BC Kepri Respon Keluhan Apotik dan Toko Obat Karimun, Sebut BC Batam Segera Carikan Solusi

Driver Taksi Online dan Pangkalan Ribut, Kapolsek Lubuk Baja: Hanya Cekcok, Tak Ada Kekerasan

Sembilan Personil Polres Karimun Terima Penghargaan Setelah Mengungkap Kasus Pencurian

Kristian menyebutkan aplikasi pelayanan ini dikeluarkan oleh Direktorat Sistem dan Teknologi Informasi Keimigrasian. Apapo akan diluncurkan secara nasional pada tanggal 26 Januari 2018, atau bertepatan dengan HUT Imigrasi.

"Launching resminya nanti pas HUT Imigrasi. Sekarang telah diterapkan oleh beberapa Kantor Imigrasi di beberapa kota di Indonesia," terangnya.

Apapo yang akan diluncurkan ini merupakan versi kedua setelah pengembangan aplikasi pendaftaran online sebelumnya.

"Kita tidak menggunakan versi yang sebelumnya karena kita menggunakan layanan APM (Ajungan Paspor Mandiri). Dan untuk versi kedua ini Kanim Tanjungbalai Karimun akan menerapkannya sekitar minggu besok," tambah Kristian.

Selain kemudahan, penerapan aplikasi ini bertujuan menghindari calo-calo paspor. (*)

Penulis: Elhadif Putra
Editor: Ucu Rahman
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved