Karimun Terkini

Ratusan Narapidana di Karimun Belum Terdaftar Jadi Pemilih. KPU Berencana Buat TPS Khusus di Rutan

Sekitar 191 warga binaan Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIB Tanjungbalai Karimun diketahui belum terdaftar sebagai pemilih tetap (DPT) Pemilu 2019

Ratusan Narapidana di Karimun Belum Terdaftar Jadi Pemilih. KPU Berencana Buat TPS Khusus di Rutan
Tribunbatam.id/KPU Karimun
Warga binaan Rutan Kelas IIB Tanjungbalai Karimun mengikuti sosialisasi Pemilu 2019 oleh KPU, Kamis (17/1/2019). 

TRIBUNBATAM.id, KARIMUN - Sekitar 191 warga binaan Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIB Tanjungbalai Karimun diketahui belum terdaftar sebagai pemilih tetap (DPT) Pemilu 2019.

Hal itu diketahui saat Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Karimun menggelar sosialisasi ke Rutan Kelas IIB Tanjungbalai Karimun pada Kamis (17/1/2019) kemarin.

"Benar, ada sekitar 191 warga binaan rutan Karimun yang belum masuk dalam DPT," ujar Komisioner KPU Kabupaten Karimun, Mardanus, Jumat (18/1/2019).

Mardanus mengatakan terhitung pada Kamis, 17 Januari 2019, ada sekitar 302 warga binaan Rutan Kelas IIB Tanjungbalai Karimun.

Sebanyak 111 orang diketahui sudah terdaftar di DPT, sisanya sekitar 191 orang belum terdaftar.
Selain itu, 147 orang diketahui sudah melakukan perekeman KTP Elektronik, 44 orang belum, satu orang warga binaan anak-anak yang pada 17 April mendatang atau pas pencoblosan berusai genap 17 tahun atau usia potensial memilih.

Meski memiliki jumlah pemilih yang lumayan banyak, para caleg dipastikan tidak bisa melakukan kampanye di rutan karena terbentur aturan tidak boleh kampanye di tempat atau fasilitas milik pemerintah atau negara.

"Tidak boleh karena rutan fasilitas milik pemerintah, milik negara," kata Mardanus.

Ratusan warga binaan yang belum terdaftar di DPT tersebut akan diupayakan KPU agar dapat menyalurkan hak suaranya dengan cara didaftarkan.

Sepanduk Caleg di Karimun Dirusak. Gambar Wajah Disobek hingga Disemprot Cat. Bawaslu Beri Saran Ini

Imigrasi Karimun Launching Aplikasi Online Apopo. Pemohon Bisa Daftar Antrian dari Rumah

DPRD Batam Sorot Penanganan Gepeng tak Serius, Kini Pengemis Mulai Marak di Beberapa Lampu Merah

KPU juga berencana membuat TPS khusus di Rutan Kelas IIB Tanjungbalai Karimun sebanyak 2 TPS dengan ketentuan jumlah pemilih melebihi 300 orang.

"Jumlah pemilih di rutan kan terus bergerak, karna akan ada saja penghuni baru yang masuk. Ini akan terus kami pantau dengan berkoordinasi dengan pihak rutan tentunya. Idealnya, satu TPS itu 300 orang, bisa saja di rutan nanti ada dua TPS 50 dan TPS 51," kata Mardanus.

Sementara bagi 44 warga binaan yang diketahui belum melakukan perekaman KTP elektronik, pihaknya berkoordinasi dengan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Karimun.

Bagi warga binaan yang memiliki KTP luar Karimun, Mardanus mengatakan, pihaknya akan berkoordinasi dengan KPU Kabupaten atau Kota melalui KPU Provinsi setempat.

"Akan kami cek, apakah yang bersangkutan sudah terdaftar sebagai pemilih tetap atau belum. Kalau sudah, nanti kami masukkan di sini, yang di sananya dicoret," ujar Mardanus. (*)

Penulis: Elhadif Putra
Editor: Ucu Rahman
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved